Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Ada Kecurangan, Paslon Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada Tasikmalaya Ke MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 18 Desember 2020, 23:15 WIB
Diduga Ada Kecurangan, Paslon Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada Tasikmalaya Ke MK
Iwan Saputra-Iip Miftahul Paoz/Net
rmol news logo Hasil penghitungan suara di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan calon nomor 4, Iwan Saputra-Iip Miftahul Paoz.

Kuasa hukum Paslon nomor urut 4, Giofedi Rauf menjelaskan, pihaknya menduga ada kecurangan masif yang terjadi dalam Pilkada Tasikmalaya.

"Dalam Pilkada Tasik 2020, kategorinya sudah bukan lagi pelanggaran namun kejahatan demokrasi," ujar Giofedi kepada wartawan, Jumat (18/12).

Giofedi yang juga pengurus DPP Golkar Bidang Hukum tersebut memaparkan, kejahatan demokrasi itu diduga dilakukan petahana dengan melibatkan ASN dan perangkat lainnya secara terstruktur, sistematis dan masif sebelum gelaran Pilkada.

Oleh karenanya, ia berharap gugatan yang dilayangkannya bisa berjalan lancar untuk menegakkan keadilan.

"Mohon doa segenap masyarakat Tasikmalaya agar Iwan-Iip mendapat keadilan di MK. Ayo ikuti jalannya persidangan di MK," tutupnya.

Iwan-Iip sebelumnya dinyatakan unggul dalam hitung cepat versi LSI Denny JA. Namun hal berbeda terjadi dalam rekapitulasi oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan rekapitulasi manual KPU dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, paslon nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin yang diusung PDIP danPPP meraih 315.332 suara.

Paslon nomor urut 4, Iwan Saputra-Iip Miftahul Paoz yang diusung Golkar, PKB, PKS, PAN, Hanura dan Nasdem peringkat kedua dengan perolehan 308.259 suara.

Menyusul paslon nomor urut satu, Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya yang diusung Gerindra dan Demokrat dengan perolehan 221.924 suara. Dan terakhir paslon nomor urut tiga, Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma yang maju lewat jalur perseorangan meraih 113.571 suara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA