Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Internal Kejaksaan Dituntut Berbenah, Jokowi: Kiprahnya Adalah Wajah Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 14 Desember 2020, 11:38 WIB
Internal Kejaksaan Dituntut Berbenah, Jokowi: Kiprahnya Adalah Wajah Pemerintah
Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas Kejaksaan Tahun 2020/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo meminta Kejasakaan melakukan pembenahan di dalam internal institusinya.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan Agung Tahun 2020, yang digelar virtual dan disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/12).

"Pembenahan dari hulu sampai hilir di internal kejaksaan dan dalam relasinya dengan lembaga penegak hukum lain harus terus diefektifkan," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menekankan, pengawasan dan penegakan disiplin internal Kejaksaan harus terus diperkuat. Mengingat, lingkup kerja institsi penagak hukum ini adalah sebagai penuntut dari kasus-kasus pidan hingga korupsi.

"Kejaksaan harus bersih. Kejaksaan harus bersih. Kejaksaan harus dapat menjadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas," papar Jokowi.

"Kejaksaan adalah institusi terdepan dalam penegakan hukum, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dan tentu saja dalam mengawal kesuksesan pembangunan nasional," sambungnya.

Lebih dari itu, Jokowi menyebut Kejaksaan sebagai satu kesatua yang tidak dipisahkan dari pemerintah. Menurutnya, jika institusi ini tidak bekerja dengan baik maa mata masyarakat dan dunia internasional terhadap pemerintah akan buruk.

"Kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah. Sekali lagi, kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah. Kiprah kejaksaan adalah wajah kepastian hukum Indonesia, di mata rakyat dan di mata internasional," kata Jokowi.

"Tanpa kejaksaan yang bersih dan dipercaya, satu fondasi penting pembangunan nasional juga akan rapuh. Kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum harus terus ditingkatkan. Integritas dan profesionalitas jaksa adalah keharusan," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA