Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dana Nasabahnya Kembali Raib, Begini Penjelasan Maybank

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 19 November 2020, 01:35 WIB
Dana Nasabahnya Kembali Raib, Begini Penjelasan Maybank
Ilustrasi Maybank/Net
rmol news logo Setelah adanya laporan dana nasabah raib milyaran rupiah sebelumnya, kini ada seorang nasabah yang saldo tabungannya hilang sebesar Rp 72 juta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara PT Bank Maybank Indonesia Tbk Tommy Hersyaputera memberikan penjelasan dan tanggapannya terhadap hal tersebut.

“Perlu kami jelaskan bahwa transaksi dimaksud dalam pemberitaan adalah transaksi yang dilakukan melalui mobile (digital) banking dan bukan transaksi yang dilakukan di cabang,” kata Tommy, Rabu (18/11).

Pihaknya menjelaskan, Maybank Indonesia menerapkan standar keamanan sistem digital perbankan yang tinggi sebagaimana telah diatur oleh otoritas untuk memastikan integritas serta keamanan atas dana dan setiap transaksi nasabah.

“Terkait pengaduan nasabah yang kami terima sejak bulan Juni lalu atas kehilangan dana Rp 72 juta dalam rekening bank, penelusuran kami menunjukkan telah terjadi perpindahan dana melalui mobile banking Nasabah,” bebernya.

Selain itu, dari investigasi internal Maybank menunjukkan bahwa transaksi perpindahan dana dari rekening nasabah kepada pihak ketiga tersebut dilakukan sesuai mekanisme dan telah melalui fitur keamanan yang ditetapkan dalam transaksi melalui mobile banking.

“Mekanisme dan fitur keamanan yang sama juga berlaku di industri perbankan pada umumnya,” katanya.

Pihak Maybank, kata Tommy, selalu diingatkan untuk menjaga kerahasiaan User ID dan Password sebagai data yang bersifat pribadi yang dimiliki dan diketahui hanya oleh nasabah.

Tommy measitkan pihaknya menjaga kerahasiaan Transaction Authorization Code (“TAC”) yang hanya dikirimkan ke nomor telepon seluler nasabah yang didaftarkan pada sistem kami.

“Sesuai hasil penelusuran tidak ditemukan pelanggaran (‘breach’) pada sistem mobile banking kami yang dapat menyebabkan pelanggaran akses atas rekening Nasabah. Transaksi atas rekening  nasabah dilakukan sesuai dengan mekanisme akses dan fitur keamanan yang berlaku bagi transaksi melalui mobile (digital) banking,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA