Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Dugaan Korupsi Di PT DI, KPK Panggil Eks Komut PT ASABRI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 09 September 2020, 10:29 WIB
Kasus Dugaan Korupsi Di PT DI, KPK Panggil Eks Komut PT ASABRI
Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri/Net
rmol news logo Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil pensiunan TNI dan beberapa pihak lain sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan kegiatan penjualan dan pemasaran pada PT Dirgantara Indonesia (DI) tahun 2007-2017.

Pensiunan TNI yang dipanggil kali ini adalah Aris Supangkat selaku pensiunan TNI Angkatan Darat (AD), dan mantan Komisaris Utama PT ASABRI, Marsekal Madya (Purn) Ismono Wijayanto.

Kemudian saksi lainnya adalah Susinto Entong (Komisaris PT Quartagraha Adikarsa), Manahan Simorangkir (staf ahli bidang sosial budaya Dewan Ketahanan Nasional), dan Mochamad Cholid Ashibli (Komisaris PT Surya Saya Pratama).

"Mereka dipanggil sebagai saksi untuk tersangka BS (Budi Santoso)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Rabu (9/9).

Dalam kasus ini, KPK sempat memanggil mantan Direktur Poludara Mabes Polri, Irjen Pol (Purn) Deddy Fauzi Elhakim. Namun dia mangkir dari panggilan penyidik saat dipanggil pada Senin lalu (31/8).

Sebelumnya, pada Jumat (28/8), penyidik KPK juga telah memanggil dua orang saksi. Yakni, staf ahli bidang sosial budaya Dewan Ketahanan Nasional, Manahan Simorangkir, dan pensiunan TNI Angkatan Udara, Cahaya Ginting.

Selain itu, penyidik KPK juga telah memeriksa beberapa orang saksi yang merupakan pensiunan TNI, baik TNI Angkatan Darat (AD), maupun TNI AU.

Di antaranya, Catur Puji Santoso (pensiunan TNI AD) pada Kamis (27/8). Mayjen TNI (Purn) Ir Mulhim Asyrof, dan Zemvani Abdul Karim (pensiunan TNI AD) pada Rabu (26/8).

Kemudian, Danardono Sulistyo Adji (pensiunan TNI Angkatan Udara) dan Firdaus Komarno selaku Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan Kemenhub yang juga pensiunan TNI pada Selasa (25/8).

Para pensiunan TNI itu dimintai keterangan oleh penyidik KPK terkait adanya dugaan penerimaan uang kick back kepada pihak end user di PT DI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA