Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muncul 8 Kandidat Pengganti Idham Aziz, Komisi III: Sulit Diprediksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 03 Agustus 2020, 18:20 WIB
Muncul 8 Kandidat Pengganti Idham Aziz, Komisi III: Sulit Diprediksi
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PAN, Sarifuddin Sudding/Net
rmol news logo Sosok calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz murni menjadi hak mutlak Presiden Joko Widodo untuk menentukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi III DPR RI, Sarifuddin Sudding dalam merespons munculnya sejumlah nama yang dianggap cocok sebagai suksesor Idham Aziz.

“Itu yang saya bilang, sangat sulit untuk memberikan atau memprediksi. Karena ini hak mutlak presiden untuk memilih. DPR hanya memberikan persetujuan, setuju atau tidak terhadap pilihan presiden itu,” kata Sarifuddin kepada wartawan, Senin (3/8).

Politisi Partai Amanat Nasional ini menyampaikan, seluruh perwira tinggi di tubuh Polri memiliki peluang untuk menggantikan Idham Azis.

“Nah, saya kira semua perwira tinggi yang memiliki senioritas dengan pangkatnya itu punya peluang yang sama,” ucapnya.

Disinggung mengenai satu nama terkuat menggantikan Idham Azis, Sarifuddin menjawab normatif dan tidak mau menduga-duga siapa sosok yang paling pas menjadi Kapolri.

“Saya kira, sangat sulit untuk memprediksi siapa saja. Kalau kita ambil contoh, Kapolri Pak Idham. Orang juga tidak pernah memprediksi.‎ Kalau untuk menduga-duga itu teramat sulitlah,” tandasnya.

Belakangan, sejumlah nama baru juga disuarakan oleh Indonesia Police Watch (IPW). Setidaknya, ada delapan sosok yang dinilai pantas untuk meneruskan kepemimpinan Idham Aziz sebagai pemimpin Korps Bhayangkara.

Delapan nama yang dimaksud yakni Kabaharkam, Komjen Agus Andrianto dari alumni Akpol 98; Kabaintelkam, Komjen Rycko dari Akpol 88; Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar dari Akpol 88; Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit; Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lufthi; Kapolda Jawa Timur, Irjen Fadil Imran dari Akpol 91; dan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA