Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inacor Dorong Yasonna Laoly Tegakkan Supremasi Hukum Di Lapas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 09 Juli 2020, 14:55 WIB
Inacor Dorong Yasonna Laoly Tegakkan Supremasi Hukum Di Lapas
Menkumham, Yasonna. H Laoly/Net
rmol news logo Kinerja Menkumham, Yasonna. H Laoly dalam menegakkan supremasi hukum mendapat apresiasi. Apresiasi datang dari Indonesia Against Corruption (Inacor).

Namun walaupun berprestasi, Inacor masih menemukan berbagai problematika dan kasus di lapangan, khususnya terkait dengan pemasyarakatan warga binaan (Narapidana) di berbagai lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan).

Kepala Divisi Investigasi Informasi Inacor, Hamzah Zim mengatakan, sebagai organisasi yang fokus pada upaya pemberantasan korupsi, Inacor kerap kali melakukan investigasi informasi di berbagai kementerian dan lembaga.

"Secara khusus terkait Kemenkumham, kami melihat beberapa kasus pungli, korupsi dan pidana lainnya yang terjadi di lapas dan rutan yang menjadi berita booming di tahun ini di berbagai media massa nasional dan daerah," ujar Hamzah Zim, Kamis (9/9).

Dalam catatan mereka, beberapa kasus tersebut diantaranya suap di Lapas Sukamiskin Bandung, jual beli narkoba di Lapas Mataram, Lapas Kutacane Aceh, Lapas Kotaagung, Lapas Gunung Sugih, Lapas Rajabasa dan Lapas Way Kanan Lampung, hingga beberapa kasus lain yang tersebar di berbagai daerah.

Pegiat antikorupsi yang akrab disapa Zim ini menuturkan, investigasi informasi terkini yang dilakukan Inacor menemui berbagai indikasi dugaan pelanggaran yang masih terjadi di Rutan Kelas 1 Jambe, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Walaupun pada tahun 2019 lalu sempat dilakukan pembersihan praktik jual beli kamar oleh Menkumham, hingga pencopotan Kepala Rutan Jambe. Berbagai penyelewengan yang terjadi sebagaimana investigasi Inacor itu diantaranya pengutan liar (pungli), peredaran narkoba, transaksi mencurigakan dan duagaan penyewaan alat komunikasi (seluler) di lapas.

"Kami mendukung Pak Yasonna sapu bersih pungli, suap dan korupsi di lapas dan rutan. Mentalitas korup oknum pemasyarakatan harus terus menjadi atensi Pak Menkumham, agar lapas dan rutan sebagai benteng terakhir sistem pemberian sanksi bisa menjalankan konsep pemasyarakatan, yang semestinya bukan hanya melaksanakan hukuman, melainkan juga tanggung jawab mengembalikan narapidana ke dalam masyarakat," tegas Hamzah Zim.

Secara khusus, Inacor berharap pemberantasan peredaran narkoba yang kian marak dapat menjadi program prioritas Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga yang secara pribadi terlihat semangat dan berkomitmen dalam upaya pemberantasan narkoba di berbagai lapas dan rutan sejak menjabat.

Menindaklanjuti hak tersebut, sebagai bagian dari upaya mendukung kinerja Kemenkumhan menegakkan supremasi hukum sebagaimana arahan Presiden Joko Wododo, Inacor dalam waktu dekat akan melaporkan secara resmi dugaan pungli, suap dan korupsi ke Istana Negara, Kemenkumham dan KPK.

Pihaknya mengapresiasi kinerja Yasonna dalam menegakkan supremasi hukum selama dua periode menjabat Menkumham di kabinet Presiden Jokowi.

"Semangat terus Pak Menkumham dan Pak Dirjen Pemasyarakatan, kami mendoakan selalu. Berantas pungli, suap dan korupsi di setiap lapas dan rutan, demi tercapainya visi-misi Indonesia Maju dari Pak Presiden Jokowi," pungkas Hamzah Zim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA