Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Ke Indonesia, Buronan Kejagung Djoko Tjandra Sempat Berobat Di Kuala Lumpur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 01 Juli 2020, 19:19 WIB
Setelah Ke Indonesia, Buronan Kejagung Djoko Tjandra Sempat Berobat Di Kuala Lumpur
Ketua tim hukum Djoko Tjandra, Andi Putra Kusuma (tengah)/RMOL
rmol news logo Buronan Kejaksaan Agung (Kejagung) kasus korupsi cessie (hal tagih) Bank Bali, Djoko Tjandra telah kembali ke Indonesia dan kembali terbang ke luar negeri selama bulan Juni 2020.

Ketua tim hukum Djoko Tjandra, Andi Putra Kusuma mengatakan, ia bertemu Djoko Tjandra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan saat mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) 12/PK/PID.SUS/2019 tanggal 11 Juni 2009 pada 8 Juni 2020.

Saat itu, kata Andi, Djoko Tjandra sendiri yang hadir dan mendaftarkan permohonan PK di Pengadia Negeri Jakarta Selatan.

"Kalau pertanyaannya apakah benar 3 bulan berada di Indonesia, saya kurang tahu 3 bulan ada di Indonesia atau tidak. Saya hanya mengetahui beliau ada di Indonesia pada saat pendaftaran PK pada tanggal 8 Juni. Dimana PK tersebut didaftarkan sendiri oleh Pak Djoko Tjandra," ucap Andi Putra Kusuma kepada wartawan di Sovereign Plaza, Jakarta Selatan, Rabu (1/7).

Setelah mengajukan permohonan PK, Andi mengaku tidak bertemu dengan Djoko. Pada saat agenda sidang perdana permohonan PK di PN Jakarta Selatan pada (29/6) kemarin, Djoko Tjandra tidak hadir dengan alasan sakit.

"Sebelum sidang tanggal 29 Pak Djoko confirm untuk hadir, cuma pada hari Kamis (26/6) disampaikan beliau kesehatannya menurun dan dibuktikan juga surat dari dokter. Makanya sidangnya ditunda untuk menghadirkan beliau," jelas Andi.

Ketidakhadirannya dengan alasan sakit tersebut kata Andi, diperkuat oleh bukti surat sakit yang dikeluarkan oleh Klinik di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Pada waktu mengajukan keterangan sakit kepada majelis hakim kemarin tanggal 29 Juni, saya dapat surat keterangan sakit Pak Djoko Tjandra itu dikeluarkan dari klinik di Kuala Lumpur," terang Andi.

"Mengenai sakitnya apa di situ enggak ada keterangannya, atau tinggal di Kuala Lumpur juga enggak ada, cuma itu kliniknya di Kuala Lumpur," sambung Andi.

Namun demikian, Andi mengaku tidak mengetahui posisi Djoko saat ini. Ia hanya menyebut terakhir bertemu saat mengajukan permohonan PK tersebut.

"Mengenai setelah bertemu beliau kemana kita kurang tau, karena kami hanya bertemu pada saat mengajukan PK," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA