Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Viral Jambret Dan Rampok Saat PSBB, Pegiat Media Sosial: Patroli Keamanan Harus Diperketat

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 20 April 2020, 22:47 WIB
Viral Jambret Dan Rampok Saat PSBB, Pegiat Media Sosial: Patroli Keamanan Harus Diperketat
Tangkapan layar aksi Tim Rajawali Polres Jakarta Timur mengejar pelaku jambret di Cakung/Repro
Tindakan kriminal di tengah pandemik virus corona atau Covid-19 belakangan ramai beredar di media sosial.

Seperti di antaranya peristiwa perampokan sebuah mnimarket di Duren Sawit, Jakarta Timur hingga aksi penjambretan di kawasan Cakung, Jakarta Timur yang diburu Tim Rajawali Polres Jakarta Timur yang terekam dalam bentuk video dan beredar luas.

Menurut pegiat media sosial, Darmansyah, rentetan peristiwa tersebut harus menjadi pemacu aparat keamanan untuk lebih menjamin keamanan warga di tengah kebijakan pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

"Dua kasus tersebut, menurut saya lantaran pelaku kejahatan memanfaatkan situasi sepinya jalanan karena warga banyak di rumah aja selama masa PSBB. Ditambah lagi, minimnya patroli polisi di tempat-tempat rawan terjadi aksi kejahatan," kata Darmansyah kepada redaksi, Senin (20/4).

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kata Darmansyah, polisi diharpakan lebih giat melakukan patroli di perkampungan, khususnya di tempat-tempat yang kerap terjadi pembegalan.

"Seperti di fly over Bandengan perbatasan wilayah hukum Polsek Metro Penjaringan dan Polsek Tambora. Kalau bisa, polisi melakukan patroli minimal 1-2 jam sekali untuk mencegah terjadinya kejahatan," tegasnya.

Hal itu penting lantaran dari pengamatannya selama ini, aparat terkesan hanya berpatroli di malam hari bersama dengan Satpol PP dalam rangka memberikan imbauan kepada warga untuk kembali ke rumah masing-masing dan melarang berkerumunan.

"Warga berharap selama PSBB, polisi lebih giat berpatroli dengan menggunakan mobil patroli, memasuki perkampungan untuk mencegah aksi perampokan dan pencurian kendaraan bermotor," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA