Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Perang Melawan Corona, Iwan Sumule Ingatkan KPK Soal Kasus Suap Rizal Djalil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Selasa, 24 Maret 2020, 22:58 WIB
Di Tengah Perang Melawan Corona, Iwan Sumule Ingatkan KPK Soal Kasus Suap Rizal Djalil
Rizal Djalil usai diperiksa KPK di bulan Oktober 2019/Net
rmol news logo Di saat energi bangsa sedang dicurahkan untuk menangani penyebaran virus corona baru atau Covid-19 dari Wuhan, Hubei, Republik Rakyat China, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk tidak lengah dalam menangani kasus korupsi yang tengah diselidiki dan disidik.

Kalau KPK sampai lengah, dikhawatirkan praktik suap menyuap dan korupsi yang dilakukan pejabat negara kembali merajalela.  

Demikian disampaikan Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi atau ProDEM, Iwan Sumule, kepada redaksi, Selasa malam (24/3).

Iwan Sumule mencontohkan kasus korupsi proyek air minum di Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Kementerian PUPR.

Di bulan September 2019 lalu, KPK telah menetapkan dua tersangka dalam kasus ini yakni anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil, dan Komisaris PT Minata Dutahutama Leonardo Jusminarta Prasetyo.

Menurut Iwan Sumule, tersangka dapat dijerat dengan UU Pencegahan dan Pemberantasan  Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“KPK juga mesti mengawasi anggota BPK yang lainnya, karena menurut info yang saya dengar, untuk menjadi anggota BPK mereka berani keluar uang belasan sampai puluhan miliar,” kata Iwan Sumule.

“KPK tak boleh diam dan terus awasi, agar sangkaan korupsi yang dilakukan Rizal Djalil tidak lagi dilakukan anggota BPK lainnya,” demikian Iwan Sumule yang juga politisi senior Partai Gerindra itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA