Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakal Terbitkan Diskresi Demi Keadilan, Jaksa Agung: Hati Nurani Tidak Ada Di Dalam Buku

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Februari 2020, 09:26 WIB
Bakal Terbitkan Diskresi Demi Keadilan, Jaksa Agung: Hati Nurani Tidak Ada Di Dalam Buku
Kejaksaan Agung/Net
rmol news logo Ada banyak kasus dalam masyarakat yang dinilai tidak sebanding dengan proses hukum yang dikenakan.

Perkara-perkara kecil dalam masyarakat yang menyentuh hati sekiranya perlu dipertimbangkan lagi agar tidak ada ketimpangan hukum.

Jaksa Agung St Burhanuddin akan menerbitkan aturan diskresi terhadap sejumlah perkara yang dinilai mencederai rasa keadilan masyarakat.

menyentuh hati masyarakat kecil. Dalam acara seminar nasional yang digelar DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (24/2), ia menyampaikan kebijakannya tersebut.

Dia menegaskan, pemberian diskresi itu tidak serta-merta menyalahkan tugas dari para jaksa di Kejari (Kejaksaan Negeri) dan Kejati (Kejaksaan Tinggi), karena memang sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya akan melakukan diskresi atas beberapa perkara yang menyentuh hati masyarakat. Ada beberapa perkara misalnya pencurian, yang terakhir itu di Sumatera Utara adalah karet yang harganya hanya 17 ribu dilakukan penahanan oleh Kejati. Dan banyak lagi perkara-perkara yang betul-betul menyentuh hati rakyat kecil,” kata Burhanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (24/2).

Burhanuddin menyebut, aturan-aturan hanya textbook, tetapi hati nurani tidak ada di dalam buku. Ia pun mengajak semua penegak hukum bisa memberikan rasa keadilan.  

“Karena memang aturannya adalah formil. Aturannya adalah hanya textbook. Tetapi, hati nurani tidak ada di dalam buku. Saya ingin mengajak teman-teman harus tetap memperhatikan rasa keadilan yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Acara seminar dihadiri para Kepala Kejaksaaan Tinggi dan Kepala Kejaksaan Negeri. Di hadapan mereka, Burhanuddin menegaskan agar semua bisa melaksanakan diskresi tersebut saat terbit nanti.

“Dalam waktu dekat saya akan buat aturan itu, dan saudara laksanakan. Kalau saudara masih melukai hati masyarakat, saya akan tindak,” tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA