Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Pengamat: Percepat Finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 22 Januari 2020, 12:52 WIB
Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Pengamat: Percepat Finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi
Kasus yang menimpa Ilham Bintang harus melecut penyelesaian RUU Perlindungan Data Pribadi/Net
rmol news logo Kasus pemalsuan data simcard hingga berujung bobolnya rekening milik wartawan senior, Ilham Bintang, menjadi pelajaran penting bagi masyarakat maupun para pemangku kebijakan. Bahwa data pribadi masyarakat begitu mudah dipalsukan dan disalahgunakan.

Terkait kasus yang menimpa Ilham Bintang ini, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi mengatakan, kejadian tersebut mesti menjadi entry point untuk mempercepat finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi.

"Serta evaluasi layanan keamanan yang diselenggarakan provider telekomunikasi dan transaksi perbankan," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/1).

Selain itu, penegak hukum juga perlu menggali kemungkinan adanya kelalaian atau tindakan lain yang berpotensi melanggar hukum. Baik dalam hal proses dan otorisasi pergantian simcard di layanan Indosat, maupun penarikan dana di Commonwealth Bank.

"Hal ini penting untuk memastikan bahwa provider telekomunikasi dan institusi perbankan cukup kredibel dalam melindungi keamanan transaksi elektronik konsumennya," jelas Ade.

"Kemudian mengambil tanggung jawab yang memadai ketika ada celah keamanan yang dapat merugikan kepentingan publik," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA