Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ngaku Keturunan Raja Majapahit, Anggota DPD RI Arya Wedakarna Dilaporkan Ke Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 21 Januari 2020, 18:59 WIB
Ngaku Keturunan Raja Majapahit, Anggota DPD RI Arya Wedakarna Dilaporkan Ke Polisi
Arya Wedakarna/Net
rmol news logo Anggota DPD RI Arya Wedakarna dilaporkan oleh warga Bali yang tergabung dalam organisasi Puskor Hindunesia Aliansi Peduli Bali dan Komponen Rakyat Bali ke Polda Bali, Selasa (21/1).

Koordinator Komponen Rakyat Bali I Gusti Ngurah Nyoman Juniartha menyampaikan, pelaporan tersebut didasari atas klaim Arya Wedakarna yang kerap mengklaim dirinya sebagai keturunan Raja Majapahit.

"Sebenarnya pelaporan ini karena kita ingin meluruskan sejarah sulinggih, ini enggak ada hubungannya dengan senang atau tidak senang dengan dia (AWK), ada yang keliru tentu kita harus tegur. Karena dia telah merusak tatanan dan budaya Bali," ucap Ngurah Juniartha kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/1).

Ngurah Juniartha berpendapat Arya Wedakarna dilaporkan ke Polda Bali lantaran salah bicara mengenai sulinggih Bali dan hal tersebut dianggap merusak sejarah Kerajaan Majapahit yang kerap diklaim anggota DPD tersebut.

"Kita melaporkan agar Polda Bali menegur AWK bahwa dia salah langkah, yang meresahkan warga Bali," katanya.

Juniartha menambahkan Arya Wedakarna juga memiliki pengikut dari kalangan anak muda Bali. Namun, dari kalangan menengah ke atas, klaim Arya Wedakarna sebagai Raja Majapahit masa kini dianggap telah meresahkan warga Bali.

"Sebagai masyarakat Bali mereka terbius advertorial dengan AWK, mereka kurang memahami, kalau tidak ditindaklanjuti ini akan merusak tatanan dan tradisi Bali," katanya.

"Masyarakat kalangan ke atas resah, kalau anak muda mudah terpancing dan terpapar oleh klaim dia. Menengah ke atas banyak yang sering mengeluh, untuk tindak lanjut kita sarankan ke langkah hukum. Karena negara hukum jadi ke jalur hukum," tambahnya.

Ngurah Juniartha kembali menegaskan bahwa AWK sama sekali tidak memiliki garis keturunan Raja Majapahit, dia hanya mengklaim bahwa dirinya sendiri sebagai keturunan Kerajaan Majapahit padahal tidak sama sekali.

"Jadi memang enggak ada keturunan Majapahit," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA