Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut: Setiap Investasi Akan Libatkan KPK Untuk Pencegahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 17 Januari 2020, 13:18 WIB
Luhut: Setiap Investasi Akan Libatkan KPK Untuk Pencegahan
Menko Luhut B. Pandjaitan (tengah) bersama pimpinan KPK/Ist
rmol news logo Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menerima kunjungan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di kantornya, Jakarta, Rabu (15/1). Pimpinan KPK yang diterima Luhut yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan beberapa hal terkait penguatan kerja sama dan sinergitas antara KPK dengan Kemenko Kamaritiman. Dia mengatakan kunjungan ini merupakan amanat pasal 6 UU 19/2019.

"Kementerian Kemaritiman dan Investasi merupakan kementerian yang strategis karena investasi sekarang dikelola oleh kementerian ini," ujar Firli.

Lebih lanjut Firli menambahkan bahwa KPK telah melakukan berbagai upaya dalam program pencegahan korupsi. Untuk mendukung tumbuhnya investasi, KPK akan terus mendorong perbaikan terkait pelayanan publik.

"Sebagai lembaga penegak hukum KPK akan fokus mewujudkan kepastian hukum dan pada saat yang sama akan mendukung penciptaan iklim investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan muaranya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Pertemuan ini juga membahas beberapa hal seperti bentuk koordinasi ke depan sebagai tindak lanjut pertemuan agar pendampingan program pencegahan korupsi dapat dilakukan bersama-sama.

Menko Luhut menyambut baik kunjungan keempat pimpinan KPK. Dalam sambutannya, dia mengharapkan keterlibatan KPK sejak awal, sehingga upaya pencegahan korupsi pada area-area yang dinilai rawan korupsi dalam dilakukan.

"Dalam press release kami sampaikan bahwa setiap investasi akan melibatkan KPK sebagai upaya pencegahan. Tapi, kami juga berpesan pencegahan korupsi perlu didorong tanpa meninggalkan penindakan," ujar Luhut.

Selain Pimpinan KPK, hadir dalam pertemuan ini adalah Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Kelompok Kerja Strategis Pimpinan Zil Irvan, Plt Jurubicara Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding, Sekretaris Kemenko Maritim dan Investasi Agung Kuswandono, Deputi I Bid Koordinasi Kedaulatan Maritim Purbaya Yudhi Sadewa, Staf Khusus Lambock V Nahattands dan Tenaga Ahli Menko Maritim.

Kunjungan pimpinan KPK ke beberapa kementerian/lembaga ini telah dilakukan 6 Januari 2020. Sebelumnya pimpinan telah mengunjungi Kepolisian Republik Indonesia, Kemenko Polhukam RI, Kementerian Keuangan RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), TNI Republik Indonesia dan MPR RI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA