Dua Kalapas Diperiksa KPK Untuk Tersangka Wahid Husein

Jumat, 17 Januari 2020, 11:48 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Wahid Husein/Nel

Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kalapas Klas II B Serui, Djoko Sunarno dan Kalapas Klas II B Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Noveri Budisantoso terkait kasus pemberian fasilitas atau perizinan keluar Lapas Klas 1 Sukamiskin.

Keduanya bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WH (Wahid Husein)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (17/1).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima tersangka baru kasus dugaan suap terkait pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung. Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein pada 2018 lalu.

Dari lima tersangka antara lain mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein (WH) dan mantan Kalapas Sukamiskin Deddy Handoko sebagai pihak diduga penerima.

Sedangkan, napi kasus korupsi, adik kandung eks Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (TCW), mantan Bupati Bangkalan yang juga napi korupsi Fuad Amin (FA) (status tersangka gugur karena Fuad wafat dalam proses penyidikan), dan Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi, Rahadian Azhar (RAZ) selaku diduga pihak pemberi.

Eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husein dan Deddy Handoko menerima suap berupa uang dan mobil mewah. Dia saat ini masih menjalani vonis 8 tahun penjara gegara menerima suap dari narapidana di Lapas Sukamiskin.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020