6 Tersangka Hasil OTT KPK Di Dua Tempat Dijebloskan Ke Rutan

Kamis, 17 Oktober 2019, 16:57 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Jurubicara KPK, Febri Nasution/Net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan enam tersangka kasus korupsi pada Kamis (17/10). Mereka yang ditahan merupakan tersangka di dua kasus dugaan korupsi berbeda.

Diuraikan Jurubicara KPK, Febri Diansyah, sebanyak tiga tersangka yang ditahan berkaitan dengan kasus dugaan korupsi di Kota Medan, Sumatea Utara. Sementara sisanya berkaitan kasus di Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Timur.

Mereka ditahan di rumah tahanan yang berbeda-beda selama 20 hari pertama.

"Penahanan Kaltim; Andi Tejo Sukmono di Rutan Polres Metro Jaksel, Hartoyo di Rutan Polres Metro Jakpus dan Refly Ruddy Tangkere di Rutam Polres Metro Jaktim," kata Febri saat dikonfirmasi, Kamis (17/10).

Sementara, Walikota Medan Dzulmi Eldin ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur. Kadis PUPR Kota Medan Isa Ansyari ditahan di Rutan Polres Metro Jakpus, dan Samsul Fitri ditahan di Rutan Klas I Jakarta Pusat.

Sejak Rabu (16/10) lalu, tim Satgas KPK memang menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di dua daerah, yakni Kota Medan dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Dari OTT Medan, Dzulmi Eldin ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya yakni Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari (IAN) dan Kepala Bagian Protokoler Kota Medan Syamsul Fitri Siregar (SFI). Mereka diduga terlibat praktik suap promosi jabatan dan sejumlah proyek di Dinas PUPR.

Selanjutnya, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan Refly Tuddy Tangkere (RTU), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan Andi Tejo Sukmono (ATS), dan Direktur PT. Harlis Tata Tahta (HTT) Hartoyo (HTY). Mereka diduga terlibat proyek jalan di Kalimantan Timur. 

Kolom Komentar


Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019
Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019