Arteria Dahlan Tuding KPK Tidak Laporkan Kinerja Tahunan Ke DPR, Agus Rahardjo: Makanya Baca!

Kamis, 10 Oktober 2019, 17:30 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Agus Rahardjo/RMOL

Perdebatan antara anggota DPR dari PDIP Arteria Dahlan dengan tokoh senior Prof. Emil Salim di salah satu program talk show televisi swasta nasional bertajuk "Ragu-ragu Perppu", Rabu malam (9/10), terus menjadi perbincangan publik.

Dalam pemeparannya, Arteria menuding KPK tidak pernah memberikan laporan tahunannya kepada DPR.

Tudingan politikus Senayan itu dijawab oleh Ketua KPK Agus Rahardjo saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL melalui aplikasi pesan WhatsApp sesaat lalu, Kamis (10/10).

Agus menegaskan, KPK telah memberikan laporan tahunan secara periodik kepada DPR. Bahkan, kata dia, selain ke DPR, KPK juga melaporkan ke Presiden dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Padahal tiap tahun dikirim ke DPR, Presiden dan BPK. Dan itu bisa lihat di website KPK," tegasnya.

Agus kemudian memberikan rekapitulasi laporan tahunan KPK ke DPR dengan memberikan link atau tautan laman resmi lembaga antirasuah. Mulai dari tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Lebih lanjut, Agus meminta kepada pihak-pihak yang menuding tanpa dasar yang jelas, untuk tidak malas membaca. Termasuk laporan tiap tahun yang dilaporkan ke DPR, Presiden dan BPK.

"Selanjutnya lihat sendiri saja ya di web KPK. Baca, jangan asal," tandasnya.

Arteria Dahlan sebelumnya menyebut KPK tidak pernah melaporkan laporan tahunan kepada DPR. Menurut dia, KPK tidak menepati janjinya kepada DPR.

Menurut Arteria, informasi yang disampaikan Emil Salim bahwa KPK memberikan laporan ke DPR adalah sesat atau tidak benar.

Kolom Komentar


Video

Pelita Gelar Doa Bersama Nyelameti Ibu Pertiwi

Senin, 21 Oktober 2019
Video

Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor

Senin, 21 Oktober 2019
Video

Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen

Selasa, 22 Oktober 2019