Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Djalil Dan Leonardo Mangkir Dari Panggilan KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 07 Oktober 2019, 17:50 WIB
Rizal Djalil Dan Leonardo Mangkir Dari Panggilan KPK
Rizal Djalil/Net
rmol news logo Anggota BPK RI Rizal Djalil tidak menghadiri panggilan pemeriksaan alias mangkir dari penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dia sedianya diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2018.

Selain Rizal Djalil, Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminta Prasetyo juga mangkir dari pemeriksaan penyidik KPK dalam kasus ini.

"Tersangka RIZ (Rizal Djalil) dan LJP (Leonardo Jusminta Prasetyo) dalam kasus suap terkait proyek pembangunan SPAM di Kementerian PUPR TA 2017-2018 tidak hadir. Mereka memberitahukan belum bisa hadir memenuhi pemeriksaan hari ini," kata Jubir KPK, Febri Diansyah, Senin (7/10).

Febri menegaskan, pihaknya memastikan bakal menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap kedua tersangka kasus suap SPAM tersebut.

Leonardo dijadwalkan untuk diperiksa pada Kamis (10/10), sementara tersangka RIZ akan dijadwalkan ulang pada Rabu (9/10).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rizal Djalil dan Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait proyek SPAM di Kementerian PUPR.

Rizal diduga menerima suap dari Leonardo totalnya 100.000 dolar Singapura dalam pecahan 1.000 dolar Singapura. Duit tersebut diserahkan Leonardo kepada Rizal melalui salah satu pihak keluarga.

‎Duit itu juga diduga berkaitan dengan proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria yang pagu anggarannya mencapai Rp79,27 miliar. Rizal diduga meminta proyek SPAM itu kepada petinggi Kementerian PUPR agar pengerjaan proyek dapat digarap oleh perusahaan milik Leonardo.

Dalam pengembangannya, KPK mengendus ada dugaan aliran duit yang mengalir ke pihak keluarga yakni anak kandung Rizal, Dipo Nurhadi Ilham setelah diperiksa pada Kamis (3/10). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA