Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Wagub Jawa Barat Dapat Giliran Dipanggil KPK Soal Kasus Suap Meikarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 11:21 WIB
Mantan Wagub Jawa Barat Dapat Giliran Dipanggil KPK Soal Kasus Suap Meikarta
Deddy Mizwar bakal diperiksa KPK soal Meikarta/Net
rmol news logo Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dijadwalkan untuk diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan dimintai keterangan soal kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersang IWK (Iwa Karniwa)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Jakarta, Jumat (23/8).

Selain Deddy, penyidik KPK juga akan memeriksa Support Service Project Management PT Lippo Cikarang Edi Triyanto dan Staf Perizinan PT Lippo Cikarang Satriyadi.

"Keduanya juga diperiksa untuk tersangka IWK," tambah Febri.

Dalam perkara ini, IWK diduga menerima suap sebesar Rp 900 juta dari PT Lippo Cikarang melalui Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi Nurlaili. Suap ini diberikan terkait pembahasan substansi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi Tahun 2017.

Selain IWK, KPK juga telah menjerat eks Presiden Direktur (Presdir) PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto sebagai tersangka. Toto diduga menyetujui setidaknya lima kali pemberian kepada Bupati Bekasi (nonaktif) Neneng Hasanah, baik dalam bentuk dolar AS maupun rupiah dengan total sekitar Rp 10,5 miliar.

Neneng Hasanah sendiri telah divonis 6 tahun penjara serta denda Rp 250 juta di Pengadilan Tipikor PN Bandung. Dia terbukti bersalah karena menerima suap sebesar Rp 10,630 miliar dan 90 ribu dolar Singapura dalam proyek perizinan Meikarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA