Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabareskrim Sempat Perintahkan Penyelidikan Serangan Siber Atas Padamnya Listrik Jawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 14 Agustus 2019, 18:12 WIB
Kabareskrim Sempat Perintahkan Penyelidikan Serangan Siber Atas Padamnya Listrik Jawa
Komjen Idham Aziz meluncurkan website patroli siber/RMOL
rmol news logo Penanganan dan penegakan hukum atas kejahatan siber akan menjadi tantangan berat bagi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Ragam jenis kejahatan mulai dari penipuan sampai jaringan peredaran narkoba dan pelaku terorisme telah memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi ini.

Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Idham Aziz mengatakan hal tersebut saat membuka acara peluncuran website patroli siber di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (14/8).

Tentang serangan siber, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengungkap kecurigaannya dalam kasus padamnya arus listrik secara massal pada Minggu 4 Agustus lalu, peristiwa yang di media sosial dijuluki Black Out 408.

"Saya bilang sama beliau (Direktur Tindak Pidana Siber Brigjen Rachmad Wibowo) dan jajaran, tolong dilidik apakah ini hanya black out biasa di Jakarta atau ada hubungannya dengan kejahatan siber," ungkap Idham.

Dia menduga ada serangan siber di balik padamnya listrik Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah karena belajar dari kejadian serupa di kota-kota besar negara lain. Serangan siber pernah memadamkan aliran listrik di Caracas, di New York dan London.

“Sangat mungkin terjadi di Indonesia,” tekan Idham. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA