Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Harus Usut Proses Pindahnya Kantor Pertamina Ke Gedung Milik Luhut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 04 Agustus 2019, 09:37 WIB
KPK Harus Usut Proses Pindahnya Kantor Pertamina Ke Gedung Milik Luhut
KPK/Net
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta proaktif melakukan pengusutan terkait pindahnya Kantor Pertamina ke Kantor ke Gedung Sopo Del, Jalan Mega Kuningan Barat III, Lot 10. 1-6, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Sebaiknya dalam menegakkan hukum apalagi menyangkut sesuatu yang sudah diketahui dan kontroversial, penegak hukum apalagi KPK harus lebih progresif. Bukan konvensional menunggu laporan masyarakat," tutur pengamat hukum dari Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Suparji Ahmad kepada Kantor Berita RMOL, Minggu (4/8).

Belakangan diketahui, Gedung Sopo Del yang saat ini dihuni oleh perusahaan plat merah (PT Pertamina) adalah milik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam konteks pencegahan, KPK kata Suparji, harus bertindak cepat untuk menemukan apakah ada dan tidaknya penyimpangan  dari setiap kebijakan yang diambil pejabat negara.

"Dalam konteks supervisi dan pencegahan, KPK harus cepat bertindak untuk menemukan ada unsur pidananya atau tidak," tambahnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka yang sempat menanyakan dan mempermasalahkan pindahnya kantor Pertamina ke gedung milik Luhut. Menurut dia, mekanisme penunjukkan tender hingga akhirnya pindah ke gedung milik Luhut mesti dijelaskan.

Saat KPK dimintai konfirmasi Senin (9/7) lalu, Juru bicara Febri Diansyah, menyatakan hingga saat ini belum ada laporan dari masyarakat terkait pindahnya kantor Pertamina ke Gedung Sopo Del milik Luhut.

Meski demikian,  apabila ada laporan dari masyarakat, Febri memastikan akan menyelidiki terkait dugaan penyalahgunaan wewenang pada proses lelang dan penunjukkan tender perusahaan berplat merat itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA