Kasus Novel Dibawa Ke Forum Internasional, Polri: Sama Sekali Tak Ganggu Penyelidikan

Selasa, 30 Juli 2019, 19:31 WIB
Laporan: Idham Anhari

Brigjen Dedi Prasetyo/RMOL

Polri menegaskan bahwa kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan yang dibawa ke Kongres AS oleh Amnesty Internasional,  tidak menganggu jalannya penyelidikan yang bakal dilakukan oleh tim teknis Polri.

“Gak ada kaitannya. Tim teknis tetap fokus dalam upaya penegakan hukum sesuai dengan fakta hukum yang ditemukan tim teknis,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (30/7).

Tim teknis ini, sambung Dedi, sudah dibentuk dan melibatkan 50 hingga 90 personel Polri yang memiliki kompetensi dan bakal memulai pekerjaannya pada tanggal 1 Agustus nanti.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini juga meminta kepada masyarakat untuk mendoakan agar penyelesaian kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan ini dapat diselesaikan dalam waktu tiga bulan sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

Amnesty International Indonesia membahas kasus Novel dalam forum bertajuk "Human Rights in Southeast Asia: A Regional Outlook” di Subcommittee on Asia, the Pacific, and Nonproliferation House Foreign Affairs Committee".

Mereka berharap Kongres Amerika Serikat mengirimkan surat mendorong pemerintah atau parlemen Indonesia untuk segera menyelesaikan kasus penyerangan Novel, salah satunya dengan pembentukan TGPF independen.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020