Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keterwakilan Perempuan Jadi Pimpinan KPK Sifatnya Urgent!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 29 Juli 2019, 16:44 WIB
Keterwakilan Perempuan Jadi Pimpinan KPK Sifatnya Urgent!
Diskusi keterwakilan perempuan di KPK/RMOL
rmol news logo Keterwakilan perempuan yang akan menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sangat perlu. Sebab, perempuan memiliki peran dan kesempatan yang sama disemua posisi.

Hal itu hampir disepakati oleh semua pihak yang menjadi narasumber diskusi publik bertajuk "Pertimbangan Keseimbangan Gender Dalam Proses Pemilihan Calon Pimpinan KPK" di Gedung KPK lama C-1, Senin (29/7).

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Ganarsih berharap kedepannya dari 104 Calon Pimpinan KPK lolos tahap dua uji kelayakan, keterwakilan perempuan harus ada yang menjadi pimpinan KPK.

"Saya ingin perempuan itu diperkuat, kekuatan perempuan lah yang membuat dia harus dipilih. Jadi, kita berharap semoga ada (pimpinan perempuan) kali ini, tapi tidak terlepas dari ada beberapa proses yang akan kita lakukan, proses tahapan seleksi," kata Yenti Ganarsih disela-sela diskusi.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua KY, Sukma Violetta. Menurut dia, keterwakilan perempuan pada komisi antirasuah sangat urgent, sebab perempuan memiliki tingkat kecerdasan value etic. Contoh hal terkecil masalah ketelitian, perempuan cenderung lebih teliti ketimbang laki-laki.

"Kalau bisa Pansel (Capim KPK), pimpinan KPK perempuan jangan hanya satu. Perlu banyak female leader. Dia (perempuan) mempunyai value," ujar Sukma.

Selain Yenti dan Sukma, hadir sejumlah narasumber dalam diskusi kali ini diantaranya Agen SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi), Jubir KPK Febri Diansyah, dan Sekjen TII  (Transparancy International Indonesia) Dadang Trisasongko. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA