Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar: Sembilan Jenderal Polisi Lolos Tahap Dua, Berarti Kompeten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 23 Juli 2019, 20:30 WIB
Pakar: Sembilan Jenderal Polisi Lolos Tahap Dua, Berarti Kompeten
Margarito Kamis/RMOL
rmol news logo Sebanyak 104 kandidat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lulus seleksi uji kompetensi atau seleksi tahap dua yang digelar pada Kamis (18/7). Termasuk di dalamnya, sembilan jenderal polisi aktif yang juga lulus untuk mengikuti psikotes atau seleksi tahap ketiga.

Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, meyakini, sembilan jenderal Polri aktif dinyatakan lolos tahap seleksi uji kompetensi oleh Pansel Capim KPK karena sudah teruji kompetensinya.

"Menurut saya, kalau mereka (jenderal polisi) dinyatakan lolos itu artinya dianggap bahwa mereka kompeten di bidang itu," kata Margarito saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/7).

Selain itu, kata Margarito, tidak ada aturan manapun yang melarang anggota institusi tertentu tidak berhak mendaftar Capim KPK.

"Dari segi hukum pun tidak ada masalah siapapun yang jadi pimpinan KPK, baik itu kepolisian atau jaksa. Yang penting mereka punya kompetensi," tegas Margarito.

Sebelumnya, Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih, menyampaikan, sebanyak 104 kandidat Capim KPK jilid V lolos tahap kedua yakni tes uji kompetensi. Dari 104 orang itu sembilan di antaranya merupakan jenderal polisi aktif.

"Unsur polisi aktif lolos 9 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih saat jumpa pers di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Awalnya, dari unsur kepolisian terdaftar 11 jenderal polisi aktif lolos seleksi administrasi sebagai Capim KPK. Namun, 2 orang sudah dinyatakan gugur.

Adalah Wakapolda Jawa Barat, Brigadir Jenderal Akhmad Wiyagus, mengundurkan diri sebelum ujian kompetensi dan Direktur Diseminasi dan Publikasi Deputi Bidang Komunikasi dan Informasi BIN, Darmawan Sutawijaya, tidak lolos pada uji komptensi.

Selanjutnya, 9 orang jenderal polisi aktif itu akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya bersama 95 Capim lain.

Adapun tahapan selanjutnya yakni psikotest di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Gaharu I, No 1, Cilandak, Jakarta Selatan hari Minggu tanggal 28 Juli mendatang.

Berikut profil singkat 9 jenderal aktif Polri yang lolos ke tahap selanjutnya:

1. Irjen Antam Novambar
Antam Novambar, adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Pada tahun 2016, Antam menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri. Sebelum menjadi Wakabareskrim pada tahun 2016, jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri. Antam juga pernah menjadi Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2013 dan Kepala Biro Korwas PPNS Badan Reserse Kriminal Polri pada 2015.

2. Irjen Dharma Pongrekun
Dharma Pongrekun, merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988. Saat ini Dharma menjabat Deputi bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sebelum menjabat di BSSN, Dharma menduduki kursi Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri.

3. Brigjen M Iswandi Hari
Iswandi Hari pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan. Saat ini, Iswandi menjabat Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja.

4. Brigjen Bambang Sri Herwanto
Bambang Sri Herwanto adalah Akademi Kepolisian (Akpol) lulusan tahun 1984. Bambang juga pernah menajabat sebagai Kapolda Sumatera Barat. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana PTIK-STIK. Saat ini bertugas sebagai Widyaiswara Madya, Sespim Lemdiklat Polri.

5. Brigjen Agung Makbul
Agung Makbul saat ini menjabat Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Polri. Makbul juga pernah menjadi Kapolres Wamena pada 2003.

6. Irjen Juansih
Irjen Juansih adalah seorang polwan lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 1989. Juansih saat ini menjabat sebagai Analisis Kebijakan Utama Polri.

7. Brigjen Sri Handayani
Brigadir Jenderal (Brigjen) Sri Handayani saat ini masih menjabat Wakil Kapolda (Wakapolda) Kalimantan Barat. Polwan Sri lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 14 April 1962. Jenderal bintang satu ini adalah lulusan Sepamilsuk Polri 1986.

8. Irjen Firli Bahuri
Irjen Firli Bahuri adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Saat ini dia menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

9. Irjen Ike Edwin
Ike Edwin adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kasespimma Sespim Polri. Sebelumnya, Ike pernah menjabat Kapolda Lampung pada tahun 2016 dan Dirtipidkor Bareskrim Polri (2010), Wakapolda Sulsel (2013) Kasespimma Sespim Polri (2016). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA