Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Datangi Polda Metro, Politikus PSI Laporkan Akun Facebook Ahoker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 12 Juli 2019, 16:45 WIB
Datangi Polda Metro, Politikus PSI Laporkan Akun Facebook Ahoker
Michael Sianipar dan Rian Ernest di Polda Metro Jaya/RMOL
rmol news logo Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan pemilik akun Facebook seorang Ahoker bernama Ninoy Karundeng
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Ninoy dituding telah menyebar fitnah dan mencemarkan nama baik PSI dan Michael secara pribadi.

Menurutnya, konten yang disebar pemilik akun Facebook bernama Ninoy Karundeng yang telah viral di media sosial dinilai telah merugikan nama baik PSI dan nama baik pribadi.

"Kami datang untuk melaporkan apa yang kemarin menjadi viral terkait dengan isu dan fitnah dan hoax yang disebarkan, yang kami lihat merugikan nama baik institusi kami dan juga saya secara pribadi," ucap Michael yang ditemani oleh Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest kepada awak media.

Michael melanjutkan, Ninoy Karundeng sempat datang ke Kantor DPP PSI untuk mengucapkan permintaan maaf. Namun, Michael mengaku walaupun sudah memaafkan ia tetap melaporkan Ninoy supaya menjadi pelajaran.

"Kemarin sempat datang ke kantor DPP dan datangnya juga secara sukarela dan sudah menyampaikan permintaan maaf, tapi kami rasa perlu ada laporan juga supaya ada efek jeranya," jelasnya.

Konten yang dilaporkan katanya sebenarnya sudah digugat ke Dewan Pers dan dinyatakan berisi konten tanpa fakta yang sebenarnya.

"Jadi kontennya ini menyebutkan tentang fitnah yang dituduhkan kepada saya dan itu sudah pernah dibahas beberapa tahun yang lalu dan sudah dinyatakan juga tidak benar dan sudah sempat masuk ke Dewan Pers. Jadi saya rasa sempat diangkat lagi dan kami mau menyampaikan juga bahwa fitnah-fitnah seperti ini seharusnya tidak lagi ada," paparnya.

Dalam pelaporan ini, Michael mengaku hanya membawa bukti berupa link Facebook yang berisi konten dari akun Facebook bernama Ninoy Karundeng.

"Saya harap ini bisa jadi pelajaran bagi baik bagi Ninoy ataupun orang-orang lain yang memiliki opini-opini tetapi tidak didasarkan fakta-fakta yang ada," tandasnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest membenarkan bahwa Ninoy Karundeng yang dilaporkannya itu merupakan seorang Ahoker yang merupakan penulis.

"Dia mengaku sebagai Ahoker, beliau penulis yang cukup baik, pengikutnya banyak gitu ya bisa menciptakan sensasi-sensasi," ucap Rian Ernest.

Menurut Rian, membuat tulisan yang menarik publik dinilai hal yang lumrah. Namun penulisan tersebut menurutnya harus memuat konten yang sesuai dengan fakta.

"Sebenarnya tuh sah-sah saja kalau membuat sebuah tulisan yang menarik publik tapi faktanya harus kuat, kalau menulis sesuatu berdasarkan hal yang sifatnya fitnah gitu ya,  mencemarkan nama baik apalagi sudah pernah di telaah oleh Dewan Pers konten dari yang beliau tulis. Kan jadi gak sehat juga untuk kita semua," demikian Rian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA