Berkas Perkara Pengancam Penggal Kepala Jokowi Sudah Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Jumat, 12 Juli 2019, 11:12 WIB | Laporan: Jamaludin Akmal

Hermawan SusantoNet

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya melimpahkan berkas perkara pengancam pemenggal kepala Presiden Joko Widodo, Hermawan Susanto ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

"Berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan. Kapannya, cek dulu ke penyidik ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (12/7).

Berkas perkara yang dikirimkan itu merupakan pelimpahan tahap pertama atau P19. Kini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih meneliti berkas tersebut. Jika tidak lengkap, penyidik akan melengkapi.

Sebaliknya, penyidik akan melimpahkan berkas tahap kedua atau P21 jika JPU menyatakan sudah lengkap yakni melimpahkan tersangka Hermawan Susanto beserta barang buktinya.

"Pelimpahan itu baru tahap pertama (hanya mengirimkan berkas). Tahap kedua mengirimkan barang bukti dan tersangka," sebut Argo.

Hermawan Susanto (HS) merupakan tersangka dugaan makar setelah video ancaman akan memenggal kepala Jokowi viral di media sosial. HS diamankan penyidik Jatanras Direktorat Reserse kriminal Umum Polda Metro Jaya di wilayah Parung, Kabupaten Bogor pada 12 Mei 2019.

HS disangkakan telah melanggar Pasal 104 KUHP atau Pasal 110 KUHP Junto Pasal 87 KUHP tentang makar dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019