Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakanwil Gresik Ngaku Kasih Duit Untuk Sepupu Romi Yang Lagi Nyaleg

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 10 Juli 2019, 19:45 WIB
Kakanwil Gresik Ngaku Kasih Duit Untuk Sepupu Romi Yang Lagi Nyaleg
Sidang Kakanwil Gresik/RMOL
rmol news logo Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, Muafaq Wirahadi mengaku telah memberi sejumlah uang kepada pihak yang dianggap telah membantunya hingga menjadi Kakanwil Kemenag Gresik.

Adapun pihak-pihak yang menerima duit dari Muafaq yaitu Stafsus Menag Lukman, Gugus Joko Waskito; Ketua DPW PPP Jawa Timur, Musyaffa Noer; Ketum PPP, Romahurmuziy alias Romi; dan sepupu Romi, Abdul Wahab.

"Saya menyerahkan kepada Romi 50 juta, Wahab sekitar 41,4 dengan cara bertahap. Ke Pak Musyaffa Rp 20 juta, kepada Gugus Joko Waskito Rp 50 juta," kata Muafaq saat bersaksi untuk terdakwa Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanudin di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Ia mengaku sempat meminta bantuan kepada Gugus sebagai orang dekat Menag Lukman saat mengikuti proses seleksi. Saran tersebut datang dari sepupunya Romi, yaitu Abdul Rochim yang akrab disapa Aim.

Kemudian, Gugus menyarankan Muafaq meminta doa restu kepada Musaffa sebagai sesepuh dan sempat, sowan lalu memberikan uang kepadanya.

"Saya datang ke rumahnya dengan mambawa uang Rp 20 juta," kata Muafaq.

Selanjutnya, Muafaq, Romi dan Aim (Abdul Rochim) melakukan pertemuan di sebuah tempat di kawasan Surabaya. Hasilnya, Romi yang juga mempunyai sepupu bernama Abdul Wahab dan sedang melakukan pencalegan agar dibantu oleh Muafaq karena telah terpilih menjadi Kakanwil Gresik.

"Setelah Romi hadir, Romi berbincang dengan Wahab. Setelah itu baru saya berbincang dengan Romi. Ada dua yang saya sampaikan kepada Romi, pertama pembertahuan alhamdulilah saya sudah jadi Kakanwil Gresik, Romi jawab alhamdulillah tolong bantu Wahab," kata Muafaq.

"Setelah itu Romi mau tinggakan tempat. Saya bawa tas 50 juta, mas terima kasih bantuannya, ini dari saya. Kemudian Romi panggil ajudannya," sambung Muafaq.

Dalam perkara ini, Muafaq didakwa menyuap Romi senilai Rp 91,4 juta. Sementara Haris didakwa menyuap Romi dan Menag Lukman senilai Rp 355 juta. Romi disebut menerima uang Rp 255 juta sedangkan Lukman Rp 70 juta.

Mereka diduga berupaya menyuap untuk memuluskan proses pengisian jabatan di lingkungan Kemenag Jatim dan Gresik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA