Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amnesty Internasional: Kapolda Akui Ada Aparat Lakukan Kekerasan Saat Rusuh 21-22 Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 09 Juli 2019, 23:56 WIB
Amnesty Internasional: Kapolda Akui Ada Aparat Lakukan Kekerasan Saat Rusuh 21-22 Mei
Usman Hamid/Net
rmol news logo Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengakui ada tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian saat menangkap pelaku kerusuhan dalam tragedi 21 dan 22 Mei di DKI Jakarta.

Pengakuan tersebut disampaikan langsung Gatot saat ditemui Amnesty Internasional Indonesia di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Selasa (9/7).

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu pihaknya memperlihatkan sejumlah video tindakan represif anggota Brimob kepada Gatot.

Sedikitnya, ada 28 video yang berisi insiden-insiden kekerasan polisi saat menangani massa.

“Ada kelihatan sekali yang melakukan kekerasan dan itu tentu saja tugas polisi yang mengambil tindakan terhadap kekerasan itu,” ujarnya usai pertemuan.

Usai disodori video, lanjut Usman, Gatot mengakui ada tindakan kekerasan yang dilakukan oleh anggotanya yang memang sedang bertugas mengamankan Aksi 21 dan 22 Mei.

“Pak Kapolda sudah mengakui bahwa ada kekerasan yang dilakukan ketika mengamankan orang-orang yang terlibat di dalam kerusuhan," tegasnya.

Dalam kasus ini, Amnesty Internasional menghargai tugas polisi dalam menjaga kondusivitas ibukota dari para perusuh. Namun, lanjut Usman, pihaknya menyayangkan tindakan kekerasan yang dilakukan aparat. Apalagi, tindakan itu dilakukan terhadap orang yang sudah ditangkap dan tidak berdaya.

“Misalnya dipukul, ditendang itu yang saya kira merupakan persoalan hak asasi manusia," paparnya.

Lebih lanjut, Usman berterima kasih kepada Gatot yang sudah berkomitmen akan mengungkapkan dan melakukan tindakan terhadap aparat kepolisian yang menyalahi aturan.

"Kapolda menyatakan akan mengambil tindakan terhadap insiden-insiden yang terjadi di dalam area sekitar Kampung Bali maupun di Sabang atau di Jalan Agus Salim, sebagaimana yang kami sampaikan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA