Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BW: Majelis Hakim Jangan Seolah-Olah Mengancam Saksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 19 Juni 2019, 17:51 WIB
BW: Majelis Hakim Jangan Seolah-Olah Mengancam Saksi
Bambang Widjojanto/RMOL
rmol news logo Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyayangkan sikap anggota Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghentikan pembicaraa saksi saat memberi keterangan dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019.

Ketua Tim, Bambang Widjojanto bahkan menyebut sikap Majelis Hakim kepada saksi kedua, Idham Amiruddin, menyiratkan sebuah ancaman bagi yang bersangkutan.

Seharusnya, kata mantan Komisioner KPK itu, saat saksi sedang berbicara, majelis hakim mendengarkan secara seksama dan tidak langsung memberikan penilaian.

"Ada perdebatan tadi antara tim lawyer dengan anggota majelis yang memimpin pertanyaan kepada ini. "ini bukannya ini sama keterangannya? Kalau sama bukannya merugikan nanti kalau sudah ini saya stop ya"," kata BW sambil menirukan ucapan majelis hakim MK, Rabu (19/6).

Menurut BW, sikap Majelis Hakim memotong pembicaraan saksi saat berbicara merupakan hal yang tidak pantas. Atas alasan itu, pihaknya terus melawan hal tersebut dengan tujuan hakim mendengar keterangan saksi dengan seksama.

"Jangan kemudian terkesan seolah-olah saksi ini mendapatkan ancaman untuk menyatakan apa yang sesungguhnya," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA