Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HM Prasetyo Lebih Setuju Penggantinya Dari Internal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 18 Juni 2019, 09:44 WIB
HM Prasetyo Lebih Setuju Penggantinya Dari Internal
HM Prasetyo saat peresmian Prasasti Dewi Keadilan/Dok
rmol news logo Jaksa Agung, HM Prasetyo menginginkan penggantinya nanti dari unsur internal kejaksaan. Pasalnya ia menilai jaksa agung dari internal lebih memahami seluk beluk kebutuhan serta dinamika yang berkembang di dalam Korups Adhyaksa.

"Saya lebih setuju kalau kejaksaan dipimpin oleh jaksa karier dari internal kejaksaan. Mereka tentunya lebih memahami perkembangan, dibanding dari luar," kata Prasetyo menjawab pertanyaan wartawan terkait sosok calon Jaksa Agung (periode 2019 – 2024), usai menjadi inspektur upacara pada HUT ke 26 Persatuan Jaksa Indonesia di Badiklat Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (17/6).

Menurutnya, figur secara internal akan lebih fleksibel dan profesional dalam mengembangkan lembaga Kejaksaan RI ke depan. Sebaliknya, pemilihan calon figur eksternal masih harus memerlukan waktu untuk memahami anatomi kejaksaan.

"Lembaga ini bukan seperti kendaraan, yang ketika ada kerusakan bisa ditinggal begitu saja tanpa ada pertanggungjawaban. Tentunya akan lebih baik jika dikendalikan oleh orang-orang yang lebih paham,” tambah Prasetyo.

Meski demikian, Prasetyo menolak untuk berkomentar soal sosok internal yang cocok untuk diusulkan menjadi Jaksa Agung ke depan. Menurutnya, hal itu bukan menjadi kewenangannya, namun hak preogratif presiden terpilih.

"Terserah beliau mau pilih siapa, yang pasti sudah ada pandangan-pandangan dengan pertimbangan lain,” jawab Prasetyo diplomatis.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA