Mengenal Habil Marati, Orang Yang Disebut Jadi Pemodal Uang Senjata Kivlan Zen

Habil Marati/Net

Polri telah merilis satu tersangka kerusuhan aksi 21-22 Mei yang diduga sebagai penyandang dana untuk rencana pembunuhan empat pejabat negara dan satu pimpinan lembaga survei swasta.

Adalah Habil Marati atau HM. Dalam keterangan Polri, Habil memberikan uang sebesar 15 ribu dolar Singapura atau setara Rp 150 juta yang diterima oleh Kivlan Zen untuk didistribusikan kepada para eksekutor.

Kasubdit I Dirtipidum Bareskrim Polri, Kombes Daddy Hartadi menguraikan bahwa pemberian uang Habil itu diperuntukkan untuk membeli senjata api.

"Tersangka HM berperan memberikan uang. Uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM, maksud dan tujuannya adalah untuk pembelian senjata api," kata Kombes Daddy Hartadi di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Lalu, siapakah sebenarnya sosok Habil Marati?

Habil Marati adalah pria kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara 7 November 1962 silam. Di bidang pendidikan, ia tercatat sebagai lulusan Sarjana Syariah IAIN Sumut tahun 1982. Habil kemudian melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Universitas Sumut tahun 2003.

Berdasarkan rekam jejak, Habil Marati pernah berkecimpung di berbegai bidang, mulai dari politisi partai, anggota dewan di Senayan, hingga di bidang olahraga sepak bola.

Habil tercatat pernah menjabat sebagai manajer tim nasional sepak bola dalam ajang Piala AFF 2012 silam. Kala itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih dipimpin oleh Djohar Arifin Husin.

Karir sebagai manajer timnas berakhir saat timnas Indonesia terhempas pada penyisihan grup Piala AFF 2012. Usai meletakkan jabatannya, Habil kemudian diprcaya kembali ikut andil mengurusi timnas dalam struktural Badan Tim Nasional (BTN).

Namun karirnya di bidang olahraga harus berakhir usai adanya konflik pengangkatan Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti oleh Komite Eksekutif (Exco) yang kemudian mengantarkan La Nyallas menjadi Ketua PSSI.

Di kancah perpolitikan, Habil Marati tercatat sebagai kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto jauh sebelum Pilpres 2019.

Habil juga masuk dalam daftar calon legislatif di Pemilu 2019 dengan kendaraan politik yang masih sama, PPP. Mantan anggota Komisi XI DPR dari fraksi PPP ini kembali nyaleg DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara.

Habil juga dikenal sebagai sosok pengusaha. Beberapa kali ia menempati posisi direktur di sejumlah perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai Dirut PT Batavindo Kridanusa (1994), Dirut PT Galaxy Pasific Evalindo (1997), Dirut PT Makassar Perrosal Global (1997), Dirut PT Satomer Asri Fiberindo (1997), Dirut PT Agra Post Lava (2000), dan Dirut PT Industry Kakao Utama (2000).
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

"Indonesia" karya Jaya Suprana oleh Pentaboyz

Rabu, 01 Juli 2020

Artikel Lainnya

Firli Bahuri Benarkan Ada OTT KPK Malam Ini
Hukum

Firli Bahuri Benarkan Ada OT..

02 Juli 2020 23:24
Tabrak UU, Badan Penyelenggara Produk Halal Digugat Ke PTUN
Hukum

Tabrak UU, Badan Penyelengga..

02 Juli 2020 23:18
Perlahan Tapi Pasti, Pelaku Pembobolan Jiwasraya Mulai Terungkap
Hukum

Perlahan Tapi Pasti, Pelaku ..

02 Juli 2020 21:18
Jaksa KPK Ungkap Ada Sosok Penyandang Dana Selain Harun Masiku
Hukum

Jaksa KPK Ungkap Ada Sosok P..

02 Juli 2020 21:15
Saat Bersaksi, Donny Tri Istiqomah Akui Pernah Bertemu Harun Masiku Dan Diberi Duit Rp 100 Juta
Hukum

Saat Bersaksi, Donny Tri Ist..

02 Juli 2020 19:27
Donny Tri Istiqomah Sebut Hasto Kristiyanto Tak Setuju Saeful Bahri Temui Riezky Aprilia Di Singapura
Hukum

Donny Tri Istiqomah Sebut Ha..

02 Juli 2020 17:36
Seharusnya Tim Novel Baswedan Ajukan Keberatan Di Awal Sidang, Bukan Ke Ombudsman
Hukum

Seharusnya Tim Novel Basweda..

02 Juli 2020 15:52
Perkara Penerimaan Uang Seleksi Calon Anggota KPU Papua Barat, Sepupu Wahyu Setiawan Akui Ada Transfer Rp 500 Juta
Hukum

Perkara Penerimaan Uang Sele..

02 Juli 2020 14:14