Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AKSI 22 MEI

Polri: Soal Tudingan Buat Rusuh, Silahkan Dibuktikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 28 Mei 2019, 16:41 WIB
Polri: Soal Tudingan Buat Rusuh, Silahkan Dibuktikan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Mabes Polri melalui Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo merespons pendapat dari aktivis HAM yang juga Direktur Sekolah Konstitusi Indonesia, Hermawanto yang mengatakan bahwa Polri melebihi batas wajar saat menangani kerusuhan.

"Polri dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat profesional, jadi kalau ada tudingan seperti itu silakan dibuktikan," kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/5).

Termasuk, jika ada temuan-temuan bukti lapangan dari lembaga-lembaga HAM. Polri, kata dia, terbuka untuk menerima apa saja informasi terkait fakta soal tragedi kerusuhan 21-22 Mei.

"Nanti serahkan fakta dan bukti yang dimiliki langsung kepada tim pencari fakta (TPF), harus bekerja sinergi," ujar Dedi.

Polri meminta agar kepada lembaga-lembaga HAM agar bisa bersinergi dalam rangka mengungkap tragedi 22 Mei.

"Jangan menggunakan interpretasi masing-masing, harus komperhensif menilainya dan semua pembuktian harus berdasarkan scientific crime investigation. Tidak boleh berdasarkan asumsi-asumsi yang sepenggal-penggal," pungkasnya.

Sebelumnya, Hermawanto menjelaskan bahwa tugas polisi sebatas mengawal agar aksi berjalan secara lancar. Namun jika ada kerusuhan, polisi seharusnya hanya mengamankan perusuh, bukan melakukan tindakan kekerasan apalagi kerusuhan tandingan.

Menurutnya, adanya korban luka-luka dan jiwa yang berjatuhan memunculkan indikasi bahwa aparat kepolisian berlebihan dalam menangani aksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA