Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Minta Polri Buktikan Penyusup Aksi 21 Dan 22 Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 24 Mei 2019, 16:28 WIB
Komnas HAM Minta Polri Buktikan Penyusup Aksi 21 Dan 22 Mei
Ahmad Taufan Damanik/RMOL
rmol news logo Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membuktikan adanya penyusup yang menembak demonstran memakai peluru tajam hingga tewas.

"Pak Tito bilang ini ada penunggang, Komnas HAM mengatakan kalau memang dugaanya begitu, silahkan dibuktikan bahwa ada pihak ketiga yang memakai peluru tajam," kata Taufan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/5).

Selain itu, sambung Taufan, yang tidak kalah penting adalah polisi juga turut mencari penyebab awal kerusuhan pada malam 21 dan 22 Mei itu.

Pasalnya, disebutkan ada massa yang baru di luar ribuan massa yang melakukan protes di depan gedung Badan Pengawas Pemilu yang tergabung dalam Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR).

"Ada kesaksian dari Brimob juga, bahwa mereka diserang oleh demonstran yang tidak menggunakan atribut demonstran sebelumnya, bahkan yang ditangkap mereka ciri-cirinya gaya preman," ujar Taufan.

Di sisi lain, Komnas HAM juga mendesak pihak kepolisian menyelidiki soal temuan ratusan peluru tajam di dekat mobil milik Brimob saat kericuhan pecah di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat.

"Apakah peluru itu yang menyebabkan kematian beberapa korban, itu yang sekarang kita lakukan mendesak kepolisian untuk menyelidiki," pungkas Taufan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA