Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jenderal Tito Bentuk Tim Investigasi Korban Meninggal Di Aksi 22 Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 Mei 2019, 20:48 WIB
Jenderal Tito Bentuk Tim Investigasi Korban Meninggal Di Aksi 22 Mei
Kapolri Jenderal Tito Karnavian/Net
rmol news logo Usai kerusuhan aksi 22 Mei, jajaran Polri langsung bereaksi dengan membentuk tim investigasi guna mencari penyebab meninggalnya peserta aksi yang saat ini berjumlah tujuh orang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tim tersebut bahkan diakui telah dibantuk berdasarkan instruksi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

"Pak Kapolri sudah bentuk tim investigasi yang dipimpin Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum) Polri untuk mengetahui apa penyebabnya dan semua aspeknya," ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal M Iqbal di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (23/5).

Iqbal menegaskan, para peserta yang dinyatakan meninggal dunia dipastikan bukan berasal dari peserta yang tengah menjalankan ibadah maupun yang sedang berjualan, melainkan para perusuh.

"Yang meninggal dunia adalah massa perusuh, maka Bapak Kapolri membentuk tim untuk mengusut peserta yang diduga dari massa perusuh," imbuhnya.

Soal adanya dugaan penembakan yang dilakukan aparat kepolisian, ia menegaskan jika jajarannya sama sekali tak dibekali senjata tajam saat mengamankan aksi.

Selain itu, penemuan peluru tajam yang ada di mobil Brimob juga disebutnya tak dibagikan pada personel yang bertugas di lapangan.

"Di dalamnya memang ada peluru tajam, tapi itu tidak dibagikan ke personel keamanan," ucapnya.

"Prinsipnya polri dalam unjuk rasa adalah proporsional. Peluru tajam itu hanya dimiliki oleh tim antianarkis. Tapi mereka tidak keluar sama sekali, itu atas perintah Kapolri kepada Dankor (Komandan Korps) Brimob," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA