Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terungkap, 293 Orang Kelompok Anarko Syindicalism Masih Di Bawah Umur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 03 Mei 2019, 14:07 WIB
Terungkap, 293 Orang Kelompok Anarko Syindicalism Masih Di Bawah Umur
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Sebanyak 619 anggota kelompok Anarko Syindicalism yang membuat onar saat perayaan Hari Buruh Sedunia alias May Day ditangkap oleh jajaran Polda Jawa Barat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan dari jumlah tersebut, 293 di antaranya masih berusia di bawah umur atau anak-anak.

"Untuk Polda Jabar sudah mengidentifikasi jumlahnya 619. Dari 619 tersebut 605 adalah pria, kemudian 14 adalah wanita. Kemudian diidentifikasi kembali jumlahnya 326 adalah dewasa, dan 293 adalah anak-anak," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/5).

Ia menambahkan, pihak Polda Jawa Barat dan Polrestabes Bandung telah memanggil seluruh orang tua dari anggota yang berusia di bawah umur untuk dilakukan pembinaan.

Sementara dua anggota dewasa di Bandung ditetapkan sebagai tersangka, lantaran diduga terlibat dalam aksi perusakan atau vandalisme saat peringatan May Day, Rabu (1/5) kemarin.

"Khusus untuk anak-anak ya pola yang telah dilakukan oleh Polda Jabar dan Polrestabes Bandung memanggil seluruh orang tua kemudian polanya adalah pola persuasif, pembinaan," kata dia.

Jenderal bintang satu itu mengaku prihatin dengan ratusan pelajar yang bergabung dalam kelompok Anarko Sindikalisme itu. Dedi menyebut pendidikan yang dienyam oleh anggota yang diamankan tersebut beragam, mulai dari SMP hingga perguruan tinggi.

Pelibatan orang tua dalam pembinaan, kata dia, adalah untuk membantu mengontrol anak-anak tersebut. Terutama, karena usia tersebut rentan dan anak-anak tengah mencari jati diri.

"Rata-rata masih tataran paling tinggi kuliah, ada yang SMA, bahkan ada yang SMP. Ya kelompok usia segitu sangat-sangat rentan, yang mencari identitas sendiri. Nah kita melibatkan orang tua, sekolah untuk juga membantu mengontrol mereka, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah," kata dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA