Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Kronologi Lengkap OTT Bupati Talaud

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 30 April 2019, 22:57 WIB
Begini Kronologi Lengkap OTT Bupati Talaud
Basaria Panjaitan/RMOL
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sebanyak enam orang saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di dua tempat yakni Jakarta dan Manado.

Mereka adalah SWM (Sri Wahyumi Maria Manalip) Bupati Kabupaten Kepualaun Talaud periode 2014-2019, BNL (Benhur Lalenoh), Timses Bupati- Pengusaha, BHK (Bernard Hanafi Kalalo), ASO (Ariston Sasoeng) Ketua Pokja, Anak dari BHK, dan Sopir BNL.

Saat di Manado, KPK mengamankan Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) dan Ariaton Sasoeng (ASO) selaku Ketua Pokja. Sementara, empat orang diamankan KPK di Jakarta yaitu BNL, BHK, Sopir BNL, dan Anak BNL yang berada di sebuah apartemen.

"KPK mengamankan total 6 orang di dua kota berbeda yaitu di Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara," kata Barasia Panjaitan saat jumpa pers, Jakarta, Selasa (30/4).

Saat OTT pada hari Minggu (28/4) malam, diketahui BHK bersama anaknya membeli barang-barang mewah berupa 2 tas, 1 jam tangan dan seperangkat perhiasan berlian dengan total nilai Rp 463.855.000 rupiah di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta untuk Bupati Talaud. Namun, karena tidak pas dengan ukuran tangan Bupati, maka jam tangan baru yang akan dibelibitu diambil pada esok harinya, (29/4)

Selanjutnya, terjadi komunikasi antara pihak-pihak terkait bahwa barang akan diantar ke Bupati Talaud yang direncanakan akan diberikan saat ulang tahun Bupati SWM.

Sebelum barang-barang tersebut dibawa ke Talaud, sekitar pukul 22.00 WIB, tim KPK mengamankan BNL, BHK, dan sopir BNL, di sebuah hotel di Jakarta dan langsung membawa empat orang tersebut ke Kantor KPK.

"Pada saat ini diamankan sejumlah barang yang diduga merupakan fee proyek," kata Basaria.

Tim KPK juga kemudian mengamankan anak BHK pukul 04.00 pagi di salah satu apartemen di Jakarta.

Sementara di Manado, tim KPK mengamankan ASO sekitar pukul 8.55 WITA dan mengamankan uang Rp50 juta. Selanjutnya tim KPK mengamankan SWM (Bupati Talaud) di Kantor Bupati pada pukul 11.35 WITA.

Melalui jalur udara, ASO dan SWM diterbangkan ke Jakarta oleh tim terpisah Tim yang membawa SWM mendarat di Bandara Jakarta sekitar Pk18.30 WIB dan kemudian dibawa ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA