Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BANI Ingin Masyarakat Semakin Sadar Arbitrase

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 03 April 2019, 02:29 WIB
BANI Ingin Masyarakat Semakin Sadar Arbitrase
Husseyn Umar/Net
rmol news logo Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) terus menggelar penyuluhan mengenai arbitrase kepada masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat bisa tahu alternatif penyelesaian sengketa di luar jalur persidangan.

“Kami rutin melakukan diskusi dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arbitrase,” tegas Ketua BANI, Husseyn Umar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/4).

Dia menjelaskan, pada Kamis (28/3) lalu, pihaknya mengundang sejumlah wartawan ke Gedung Wahana Graha, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Para awak media itu diberi edukasi mengenai arbitrase.

“Ini pertama kalinya rekan-rekan media berkumpul dalam satu forum dan berdiskusi bersama. Rekan media terlihat sangat antusias, itu tercermin dari pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan forum yang interaktif antara penyelenggara dengan peserta," jelasnya.

Kepada para wartawan, dia menjelaskan bahwa persidangan arbitrase selalu berlangsung tertutup. Dengan kata lain, sengketa tidak akan terpublikasikan dan rahasia klien tidak akan tersebar ke publik.

“Ini berbeda dengan sidang di pengadilan negeri yang bisa diakses dengan mudah oleh wartawan," ujar Husseyn.

Atas alasan itu, dia berharap media bisa paham dengan prinsip tertutup di sidang arbitrase.

“Kami bukan pelit informasi pada wartawan, tapi memang semua proses persidangan kami tidak berwenang untuk memberikan komentar tentang klien kami," ujar dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA