Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Penyebaran Hoax Tiap Tahun Meningkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 28 Maret 2019, 13:13 WIB
Menkominfo: Penyebaran Hoax Tiap Tahun Meningkat
Menkominfo, Rudiantara/RMOL
rmol news logo . Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara menyampaikan penyebaran informasi bohong alias hoax setiap tahun meningkat jumlahnya.

"Dari Agustus 2018 hanya 25, Desember 75, lalu Februari 2019 353 jumlahnya," kata Rudiantara dalam seminar nasional Divisi Humas Polri bertema "Melawan Hoax untuk Menciptakan Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk di Media Sosial" di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/3).

Data Kominfo, lanjut dia, sebesar 23 persen isu hoax terkait dengan politik, yang berbanding lurus dengan penyelenggaraan Pemilu 2019. Oleh karenanya, dia menyayangkan hajatan demokrasi yang seharusnya menjadi ajang pesta rakyat berubah menjadi medan pertempuran lantaran dibumbui hoax.

"Ke pesta itu kita fun, makan dan lain sebagainya. Saya berharap juga nanti tanggal 17 April suasana begitu, suasana pesta bukan mau berantem," ungkap Rudiantara.

Di sisi lain, dia menambahkan, Kominfo memiliki tiga cara untuk menekan sekaligus menghilangkan penyebaran hoax, yakni di hulu, di tengah dan di hilir.

Untuk proses hulu memerlukan langkah yang panjang lantaran menyangkut literasi dan sosialisasi, kemudian yang di tengah melakukan tindakan penertiban di dunia maya, dan di hilir bekerja sama dengan polisi karena penindakan ada di aparat penegak hukum.

Kendati begitu, Rudiantara mengaku bahwa pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dalam menghilangkan penyebaran hoax.

"Literasi semua elemen harus ikut. Saya juga berterima kasih kepada media yang selalu menyediakan kolom atau kalau TV waktu-waktu khusus untuk bicara mengenai bagaimana menggunakan media sosial," demikian Rudiantara.

Seminar menjelang Pemiu serentak 2019 yang digagas Polri bekerjasama dengan KPU dan Kemenkominfo ini dibuka oleh Kabaintelkam yang diwakili Wakabaintelkam Irjen Suntana, sedangkan pembicara kunci adalah Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Menkominfo Rudiantara.

Seminar yang dihadiri oleh para mahasiswa dan penggiat media sosial ini juga menghadirkan pembicara, pakar hukum Mahfud MD, Komisioner KPU Wahyu Setyawan, pengamat komunikasi Effendy Gazali, dan Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA