KPK OTT Direktur PT Krakatau Steel

Jumat, 22 Maret 2019, 22:50 WIB | Laporan: Faisal Aristama

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan/RMOL

. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) hari Jumat (21/3) ini di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Krakatau Steel.

"Ya benar, tadi sore sekitar Pk.18.30 WIB tim KPK memang menemukan adanya dugaan transaksi pemberian uang pada salah satu Direktur BUMN dari pihak swasta (PT Krakatau Steel)," ujar Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.

Ia mengatakan, tim KPK telah mendapatkan aduan dari masyarakat terkait dugaan rencana pemberian uang kepada Direktur PT Krakatau Steel dari pihak swasta.

Namun demikian, KPK belum menyebutkan siapa Direktur PT Krakatau Steel yang dimaksud.

"Sebelumnya KPK mendapatkan informasi dari masyarakat ada rencana pemberian uang dari pihak swasta yang pernah atau berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN," kata Basaria.

Saat OTT, KPK telah mengamankan pihak-pihak yang berada di lokasi dan tertangkap tangan melakukan transaksi dengan uang cash dan melakukan transaksi via bank.

Namun belum diketahui jumlah pasti uang yang di amankan. KPK juga tak menyebut mata uang tersebut.

"Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan. Sedang didalami transaksi menggunakan rupiah ataupun dollar," kata Basaria.

Hingga saat ini, sekitar 4 orang diamankan dan sudah berada di gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Informasi lebih lengkap akan disampaikan besok sore melalui konferensi pers di kantor KPK" demikian Basaria.
Editor: Diki Trianto

Kolom Komentar