Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Tak Banding Meski Vonis Eks Petinggi Lippo Group Ringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 13 Maret 2019, 19:44 WIB
KPK Tak Banding Meski Vonis Eks Petinggi Lippo Group Ringan
Terdakwa Eddy Sindoro/RMOL
rmol news logo . Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak melakukan banding terhadap terdakwa Eddy Sindoro yang divonis empat tahun penjara dalam kasus dugaan suap pemberi hadiah atau janji terkait pengajuan Peninjauan Kembali (PK) PN Jakarta Pusat.

Padahal, putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa KPK yang sebelumnya menuntut mantan presiden Lipoo Group itu dengan hukuman 5 tahun penjara.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, KPK menerima putusan pengadilan lantaran putusan tersebut dianggap proporsional.

"KPK telah memutuskan untuk menerima putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada PN Jakarta Pusat yang menjatuhkan vonis bersalah terhadap Eddy Sindoro. Karena kami memandang putusan hakim telah proporsional dengan tuntutan yang diajukan KPK sebelumnya," kata Febri, Rabu (13/3).

Selain itu, KPK memiliki pertimbangan lain untuk tidak mengajukan permohonan banding terhadap Eddy Sindoro. Menurut Febri, fakta persidangan dan analisis Jaksa KPK seuai dengan dakwaan.

"Fakta-fakta di persidangan dan analisis JPU juga sudah diterima majelis hakim hingga diputuskan bahwa Eddy Sindoro bersalah melakukan korupsi sebagaimana yang didakwakan," imbuh mantan aktivis ICW ini.

Dalam kasus ini, hakim menilai Eddy terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA