Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Kuasa Hukum Dahnil Minta KPK Ambil Alih Korupsi Dana Kemah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 27 Februari 2019, 15:53 WIB
Tim Kuasa Hukum Dahnil Minta KPK Ambil Alih Korupsi Dana Kemah
Foto: RMOL
rmol news logo Tim kuasa hukum Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengambil alih perkara dugaan korupsi dana Kemah Pemuda Islam.

Permintaan ini disampaikan mereka saat menyambangi gedung antirasuah, Rabu 927/2).

"Kami hari ini mendatangi KPK dengan tujuan meminta KPK mengambil alih penyelidikan dugaan korupsi dana Kemah Pemuda Islam yang selama ini ditangani oleh kepolisian," ujar Nurcholis Hidayat mewakili tim kuasa hukum Dahnil di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Nurcholis menjelaskan, pihaknya menemukan sejumlah kejanggalan dalam penanganan kasus ini setelah mengkaji dasar hukumnya.

"Dasar kami meminta pengambil alihan ini selain karena dimungkinkan secara hukum sesuai UU Tindak Pidana Korupsi. Juga karena terlalu banyak kejanggalan yang kami hadapi selama proses penyidikan oleh kepolisian karena hanya menyasar Pemuda Muhammadiyah saja," tutur Nurcholis.

Terlebih, lanjut Nurcholis, status mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar masih sebagai saksi.

"Tapi saksi untuk siapa? Nah ini permasalahan dalam penyelidikan yang menurut kami tidak wajar. Bersaksi untuk memberatkan dirinya sendiri ya tidak boleh menurut KUHAP. Itu yang janggal," tegas Nurcholis.

Dalam kesempatan itu, tim kuasa hukum Dahnil juga meminta KPK dan Kemenpora untuk membongkar dalang di balik dugaan korupsi dana acara Kemah Pemuda Islam yang hingga kini tak jua diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Ini harusnya dibuka dan kita tahu bahwa selama ini BPK belum melakukan audit terhadap laparan secara keseluruhan. Sehingga lebih fair nanti siapa yang bermasalah dalam kasus ini," demikian Nurcholis.*** 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA