Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencurian Uang Jadi Motif Dasar Serangan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 10 Februari 2019, 00:34 WIB
Pencurian Uang Jadi Motif Dasar Serangan Siber
Diskusi Darurat Ancaman Siber/RMOL
rmol news logo Serangan siber masih menjadi pengganggu masyarakat Indonesia karena cukup mudah dilakukan melalui perangkat elektronik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu motif serangan yang dilakukan para peretas atau hacker jaringan internet adalah untuk pencurian uang.

"Paling utama adalah uang, yang kedua berhubungan tentang politik, yang ketiga tentang personal, dan yang terakhir adalah senang-senang," jelas praktisi keamanan siber Yohanes Syailendra dalam diskusi 'Darurat Ancaman Siber' di Menteng, Jakarta, Sabtu (9/2).

Dia mengatakan, aksi pencurian uang menjadi target utama yang mendasari serangan-serangan siber. Biasanya, para hacker kemudian menjual data kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

"Tapi lebih banyak lagi mengenai tentang uang atau pencurian informasi. Informasi lebih banyak, mau itu tentang politik atau uang juga masuk ke sana," jelas Yohanes.

Menurutnya, untuk menanggapi, masyarakat tidak perlu khawatir. Salah satu cara mengnantisipasi serangan siber dengan cara memperbaharui perangkat-perangkat elektronik yang dimiliki.

"Karena hacker selalu menyerang jika mendapatkan sedikit celah. Tapi bila perangkat lunak atau software terus di-update dapat menurunkan potensi di-hack. Dengan update ini celah keamanannya bisa kecil atau menurun," demikian Yohanes. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA