Polri Gandeng Polisi London Ungkap Teror Bom Pimpinan KPK

Senin, 21 Januari 2019, 17:31 WIB | Laporan: Idham Anhari

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo/Net

. Keseriusan Polri mengungkap teror bom di kediaman dua pimpinan KPK Agus Rahadjo dan Laode M. Syarif dibuktikan dengan menggandeng kepolisian London, Inggris.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan, dilibatkanya tim Inafis dari Metropolitan London Police untuk menganalisa rekaman CCTV di rumah kediaman dua pimpinan KPK itu.

"Kita analisa VDR-nya (rekaman CCTV) ini sampai kirim ke London, kita berkerjasama dengan Inafis di Kepolisian Metropolitan London," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/1).

Dari hasil analisa di London, adanya perbedaan antara isi rekaman CCTV yang bergerak dan dalam keadaan diam. Sehingga, memang diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memeriksa hasil kamera pengawas itu.

"Sebagai contoh kita sudah mencurigai ada satu kendaraan yang dalam satu bulan sebelum kejadian mondar mandir dua orang. Pada saat mondar mandir terlihat jelas. Tapi ketika dizoom orangnya jenis kendaraan sudah tahu, plat nomornya pada posisi-posisi yang sulit, pecah," ujar Dedi.

Kendati demikian, tim analisis Inafis Polri bersama Kepolisian London akan tetap menganalisis secara komprehensif untuk betul-betul menemukan pelaku yang melakukan teror.

"Itu akan didalami juga plat nomor asli atau palsu. Jadi prosesnya butuh ketelitian, kesabaran dan analisa yang komprehensif," pungkas Dedi. [rus]

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019