Nasdem Punya Alasan Tidak Teken SIPP Yang Disodorkan KPK

Selasa, 04 Desember 2018, 16:50 WIB | Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Pimpinan KPK dan elite parpol/RMOL

. Partai politik peserta Pemilu serentak 2019 menandatangani Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) di Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2018.

Acara yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut dihadiri 14 elite partai politik, kecuali PKS dan PBB yang tidak tampak mengirimkan perwakilannya.

Dari 14 elite parpol itu, tidak semuanya bersedia membubuhkan tandatangannya. Seperti halnya Partai Nasdem, parpol besutan Surya Paloh itu menolak meneken SIPP itu.

Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Platte menilai pakta integritas itu tidak lebih dari slogan-slogan yang kurang efektif hasilnya.

"Kami tidak ingin bahwa pemberantasan korupsi itu sebagai retorika politik dan retorika publik," ujar Johnny di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (4/11).

Johnny menerangkan menolak SIPP bukan berarti menolak pemberantasan korupsi. Ditegaskan, Nasdem sudah melakukan pemberantasan korupsi dengan caranya sendiri.

"Dan kami sudah melakukannya dan akan terus melakukannya melaui politik tanpa mahar, politik tanpa syarat, politik menjaga integritas," pungkasnya. [rus]

Kolom Komentar