Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zumi Zola Menangis Saat Bacakan Pledoi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 22 November 2018, 12:57 WIB
Zumi Zola Menangis Saat Bacakan Pledoi
Zumi Zola/Net
rmol news logo . Gubernur (nonaktif) Jambi Zumi Zola menangis saat membacakan nota pembelaan atau pledoi di Persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Mantan aktor dunia hiburan itu mengaku kehidupannya hancur sejak menjadi pesakitan di Rutan KPK dalam perkara suap yang membelitnya.

"Kehidupan dalam tahanan tidak terbesit sedikit pun di mata dan kepala saya. Waktu itu saya langsung tertuju istri, anak dan keluarga saya," ujar Zumi sambil terisak.

Zumi sambil menitiskan air mata memohon kebijaksanaan Majelis Hakim untuk memberikan vonis kurungan dan denda seringan-ringannya.

"Saya memohon agar mendapatkan hukum seringan-ringannya dan tuntutan denda yang dijatuhkan rendah karena ekonomi saya sudah terpuruk," ungkapnya.

Zumi menjadi terdakwa dalam kasus suap Rancangan APBD Jambi 2018. KPK menduga Zumi bersama anak buahnya mengumpulkan uang untuk diberikan ke anggota DPRD Jambi terkait pengesahan Rancangan APBD 2018 yang totalnya mencapai Rp 6 miliar.

Dia diduga mengumpulkan uang dari para kontraktor terkait sejumlah proyek di Jambi yang kemudian diberikan ke anggota DPRD Jambi demi memuluskan pengesahan RAPBD 2018.

Zumi Zola telah dijerat dengan Pasal 12B UU 20/2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA