Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bareskrim Tangkap Empat Peretas Grup Blackhat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 09 November 2018, 16:06 WIB
Bareskrim Tangkap Empat Peretas Grup Blackhat
rmol news logo . Jajaran Subdirektorat II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap empat orang anggota grup peretas yang bernama Blackhat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kasubdit II Bareskrim Siber, Kombes Rickynaldo Chairul menyampaikan, keempat orang yang rata-rata masih di bawah umur itu ditangkap terpisah yakni di Kediri, Surabaya, Jambi dan Cirebon.

"Menariknya kasus ini, terutama anak-anak di bawah umur masuk dalam grup Whatsapp yang dikuasai atau dikendaikan oleh seorang tutor," kata Rickynaldo kepada wartawan di Direktorat Siber, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Para anggota grup, jelas Rickynaldo, diberikan pelatihan oleh seorang official alias mentor bagaimana melakukan hack atau deface dengan teknik-teknik tertentu.

"Mereka dites dengan maksud tertentu dan diberi target. Jika sudah berhasil mereka meng-upload hasil hacking mereka ke grup tersebut untuk memacu anggota-anggota yang lain," urai Rickynaldo.

Grup ini, sangat aktif melakukan tutorial, sharing pengetahuan dan informasi soal mana saja situs-situs yang lemah dalam sistem keamanannya dan rata-rata yang diserang merupakan situs milik pemerintah lantaran dinilai rentan dan lemah sistem keamanannya.

"Tujuan mereka ini dalam grup WA blackchat adalah merekrut dan menggalang cybertroop muda," pungkas  Rickynaldo. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA