Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satgas Siber Lacak Akun Mesdos Penggungah Hoax Penculik Anak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 31 Oktober 2018, 12:54 WIB
Satgas Siber Lacak Akun Mesdos Penggungah Hoax Penculik Anak
Karopenmas Mabes Polri/Net
rmol news logo Beberapa hari belakangan sosial media dihebohkan dengan berita penculikan anak, bahkan dibumbui dengan kabar pengambilan organ tubuh.

“Satgas Siber saat ini sedang menganalisis akun-akun medsos yang mengunggah berita hoax penculikan anak untuk mengetahui pelaku serta motivasinya dan apakah akun saling berhubungan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (31/10).

Dedi menjelaskan, dari hasil pengecekan, foto yang dijadikan berita penculikan tidak sesuai fakta.

“Seperti foto pencuri Handphone, yang terjadi di Desa Cimpabuan diviralkan seolah pelaku penculikan anak di Pontianak,” terang Dedi

Kemudian, lanjut Dedi, berita penculikan sadis di Cakung, Jakarta Timur yang menunjukan foto seorang anak dengan mata tertutu perban diberi keterangan matanya telah dicuri. Padahal faktanya, pelajas SD kelelahan naik sepeda dari Ujung Menteng sampai ke Marunda hingga dehidrasi kemudian meninggal di Rumah Sakit.

Lalu berikutnya, foto korban di sebuah ladang dengan kondisi perut terburai dengan keterangan disosial media adalah korban pencurian organ tubuh, namun ternyata foto tersebut merupakan korban perkosaan di Rokan Hilir yang pembunuhnya telah ditangkap. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA