Ini Penjelasan Mabes Polri Soal Siswa SPN Dirgantara Disekap Polisi

Kamis, 13 September 2018, 19:36 WIB | Laporan: Idham Anhari

Dedi Prasetyo/Net

Seorang siswa SPN Dirgantara Batam berinisial RS diborgol dan ditahan pihak sekolah.

Salah satu oknum yang terlibat kabarnya anggota Polri berinisial ED. Oknum Polri itu juga disebut-sebut pengendali SMK Penerbangan itu.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengakui anggota Polri itu bagian dari pihak sekolah. Namun tugasnya bukan pengendali melainkan sebagai pembina mental dan fisik siswa.

"Kita sudah klarifikasi. itu mis komunikasi saja. Kebetulan anggota tersebut bagian dari pihak sekolah yang bertugas pembinaan mental dan fisik. Jadi ada pelanggaran oleh siswa sekolah ambil langkah untuk perbaiki anak tersebut," jelas Dedi kepada waratawan di Jakarta, Kamis (13/9).

Terkait kejadian siswa yang disekap dan diborgol seperti di dalam ruang tahanan yang tersebar di media sosial, Dedi menjelaskan, ruangan tersebut ruang konseling.  Ia memastikan tidak ada ruang tahanan di SMK SPN Dirgantara.

"Ruang tahanan itu tidak benar. Digunakan pihak sekolah dalam rangka pembinaan terhadap anak didik," jelas mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini.

Sebelumnya, aksi main borgol terhadap siswa SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam berinisial RS dianggap melenceng dan tidak sesuai dengan pendidikan karakter anak.

Pihak sekolah menyatakan, penggunaan borgol ketika RS diamankan ini juga sudah diketahui oleh Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki dalam pertemuan antara pihak-pihak yang terlibat di Mapolresta Barelang pada Sabtu (8/9) lalu.

Sementara untuk pembinaan dalam bentuk menginapkan RS di ruang ruang konseling, sudah sesuai dengan tata tertib sekolah. Saat itu RS diinapkan selama tiga hari dua malam, mulai dari Kamis (6/9) sampai Sabtu (8/9) sebelum dijemput oleh Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Daerah (KPPAD) Kepri yang berkoordinasi dengan Disdik Kepri. [nes]

Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019