Informasi Juniver Girsang Ketum Peradi Yang Sah Menyesatkan

Rabu, 12 September 2018, 22:18 WIB | Laporan: Ade Mulyana

Foto/Net

. Kabar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah memutus Juniver Girsang sebagai ketua umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang sah dibantah. Pemberitaan yang menyebut demikian sangat menyesatkan dan tidak sesuai fakta.

"Telah terjadi manipulasi dan pemutarbalikan informasi yang sangat menyesatkan dan tidak sesuai fakta," kata Wakil Ketua Umum DPN Peradi hasil Munas Pekanbaru, Achiel Suyanto, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/9).

Perkara gugatan sengketa kepengurusan Peradi No. 683/Pdt/G/2017/PN Jkt Pst pada amar putusannya menyatakan bahwa gugatan Peradi Fauzi Yusuf Hasibuan tidak dapat diterima. Pengadilan beralasan tidak memiliki kewenangan untuk memeriksa dan mengadili perkara sengketa organisasi karena itu menjadi kewenangan Mahkamah Advokat.

"Tidak ada satupun diktum amar putusan yang menyatakan mengakui atau membenarkan, apalagi mengesahkan salah satu pihak yang bersengketa," jelas Achiel.

Achiel merasa pemberitaan yang telah dilansir oleh pihak-pihak yang tidak dapat dipertanggung jawabkan perlu diluruskan. Disisi lain, Achiel mempertanyakan dasar hukum putusan tersebut mengingat dalam UU 18/2003 tentang Advokat maupun AD/ART Peradi tidak dikenal istilah Mahkamah Advokat.

"Jadi pertanyaannya adalah apa dasar hukumnya keputusan hakim tersebut," pungkasnya.[dem]
Editor:
Tag:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019