Mabes Polri: Bintang Dua Ke Bintang Tiga Bisa Hitungan Hari

Kamis, 16 Agustus 2018, 17:03 WIB | Laporan: Idham Anhari

M Iqbal/Net

Di kepolisian, Perwira Tinggi (Pati) untuk naik jabatan dan pangkat bisa terjadi dalam hitungan hari tergantung kebutuhan organisasi.

"Karena Pati tak lagi mengenal sistem mekanisme harus berapa lama menjabat, harus berapa lama kepangkatan," kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Mochammad Iqbal Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/8).

Pernyataan Iqbal tersebut menanggapi kemungkinan Irjen Pol Idham Aziz menjabat Wakapolri yaang kosong, setelah Syafruddin dilantik menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Iqbal menambahkan, berbeda dengan Perwira Menengah (Pamen) yang harus melalui mekanisme karier. Iqbal mencontohkan, Kapolri Jenderal (purn) Timur Pradopo yang saat itu masih jenderal bintang dua, dalam hitungan hari bisa menjadi Kapolri dengan berpangkat jenderal bintang empat.

"Dari bintang 2 ke 3 hanya beberapa hari atau satu minggu langsung Kapolri," ujar Iqbal.

Untuk itu, peluang Irjen Pol Idham Aziz menjadi Wakapolri sangat terbuka lebar. Kendati demikian, Iqbal menyatakan sampai saat ini belum ada jenderal definitif sebagai Wakapolri.

"Jabatan Wakapolri sekarang ini sedang dikonsultasikan kepada presiden oleh Pak Kapolri dan sampai saat ini belum final," demikian Iqbal. [fiq]
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019