Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan: Justru Saya Yang Paling Paham

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 07 Juni 2018, 13:29 WIB
Menhan: Justru Saya Yang Paling Paham
Ryamizard Ryacudu/RMOL
rmol news logo . Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu heran dengan pernyataan Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Agus Supriatna ada pihak yang tidak paham soal mekanisme APBN terkait pembelian Helikopter Augusta Westland (AW)-101 milik TNI AU.

"Enggak paham anggaran?" tanya Ryamizard terheran-heran ketika ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6).

Ryamizard menyebutkan jika pihak yang dimaksudkan Agus adalah Kemenhan, maka itu adalah satu kekeliruan yang cukup besar.

"Justru saya yang paling paham, itu aja," tukasnya.

Mantan KSAU Agus Supriatna mengaku heran karena tidak ada satupun pihak KPK yang menanyakan permasalahan pembelian Heli buatan Inggris-Itali tersebut selama dia menjabat.

Ia menjelaskan dirinya bukan pihak yang membuat masalah ini muncul. Menurutnya masalah ini tidak akan terjadi jika pembuat keputusan mengerti mekanisme anggaran APBN, mengerti Peraturan Menteri Pertahanan No 17/2011 serta Peraturan Panglima Nomor 23 Tahun 2012.

"Sebetulnya dari awal dulu saya tidak pernah mau bikin gaduh, mau bikin ribut permasalahan ini. Karena AW-101 ini harusnya teman-teman juga tahu. Coba tanya kepada yang membuat masalah ini, tahu enggak UU APBN, tahu enggak mekanisme anggaran APBN itu seperti apa. Kalau tahu tidal mungkin melakukan hal ini," ujarnya di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/6).

Meski tidak menyebutkan pihak-pihak yang membuat masalah namun Agus meminta Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto duduk bersama menyelesaikan masalah ini.

"Kita pecahkan bersama dimana sebetulnya masalahnya itu. Begitu. Jangan masing-masing merasa hebat, merasa benar karena punya kekuasaan," ujarnya

"Saya berharap, dengan siapa saya tidak tahu, kita duduk bersama, kita bicara blak-blakan," sambung Agus. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA